Tugas Akhir
Perjalanan Tanpa Peta: Tantangan dan Strategi Musik Indie Menembus Pasar Nasional
Musik indie atau independen diciptakan dan didistribusikan secara mandiri tanpa campur tangan label rekaman besar. Perkembangan internet dan platform digital memberi peluang bagi musisi indie untuk menyebarluaskan karyanya, namun mereka masih menghadapi kesulitan dalam distribusi dan promosi untuk menembus pasar musik nasional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi hambatan distribusi dan promosi digital yang dihadapi band indie lokal khususnya dari Yogyakarta, dan (2) menemukan strategi distribusi dan promosi digital yang efektif agar dapat menembus pasar nasional. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam kepada musisi indie, pemilik label independen, agregator musik, dan staf pendukung yang terlibat distribusi digital. Data kualitatif dari wawancara akan dianalisis untuk menemukan tema, pola jawaban, dan menjelaskan perspektif responden secara komprehensif. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai problematika distribusi dan promosi yang dihadapi band indie, serta mencari solusi yang tepat untuk memperluas jangkauan pasar ke tingkat nasional dan meningkatkan visibilitas serta popularitas mereka. Penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi studi lanjutan terkait distribusi dan promosi musik indie di Indonesia.
Tidak tersedia versi lain