Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tugas Akhir

Rancangan Model Pembelajaran Dan Pengukuran Kreativitas Untuk Seni Tari Sekolah Menengah Atas Di Kota Yogyakarta.

Palupi, Dyah Tri - Nama Orang;

Tesis ini mengembangkan model pembelajaran berbasis pengalaman diperkaya dengan penguatan elemen-elemen pembentuk kreativitas. Model ini dirancang untuk pelajaran seni tari yang saat ini tidak menarik perhatian siswa. Penyertaan elemen- elemen kreativitas akan dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pemanfaatan model pembelajaran ini untuk seni tari dimotivasi oleh model-model pembelajaran yang sebelumnya tidak menjelaskan cara membuat pelajaran seni tari menjadi menyenangkan (joyful), bermakna (meaningful), dan berkesan (mindful.) Demikian juga, penelitian tentang kreativitas adalah tentang apa itu kreativitas, bukan bagaimana membuat siswa menjadi lebih kreatif. Model pembelajaran yang diusulkan mengacu pada teori pembelajaran berbasis pengalaman gagasan Kolb (1984, 2011). Teori ini memuat siklus pembelajaran menggali pengalaman siswa sebelum memulai pembelajaran, melakukan pengamatan refelektif secara konkret, memikirkan konsep abstrak yang mendasari hasil pengamatan, aktif mencobakan konsep tersebut pada permasalahan nyata, dan merumuskan pengalaman konkret pembelajaran dan mengomunikasikannya. Teori ini digabung dengan hasil penelitian Dyers dkk (2011) bahwa kreativitas adalah keterampilan yang dibentuk dari keterampilan-keterampilan dasar: mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan, yang sejalan dengan gagasan Kolb. Ketidakhadiran model serupa adalah pemicu tesis ini mengusulkan model pembelajaran kreativitas, khususnya untuk seni tari. Model ini menggabungkan gagasan Kolb dengan elemen-lemen kreativitas penelitian Dyers, dkk. Model ini diimplementasikan di empat sekolah menengah atas di Kota Yogyakarta. Tesis ini juga merancang instrumen untuk menilai kesesuaian proses pembelajaran saat ini dengan yang diusulkan dan untuk menilai peningkatan kreativitas siswa sebelum dan sesudah implementasi model yang diusulkan. Tesis ini juga merancang instrumen penilaian kemampuan teknis, ekspresi, dan kecerdasan siswa dalam menari. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan metode statistik untuk menentukan nilai rata-rata tiap sekolah dan tiap kriteria. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum implementasi model, pembelajaran seni tari di empat SMA menunjukkan tingkat kesesuaian terhadap model ideal sebesar 63,25%. Kelemahan ditemukan pada penggalian pengalaman awal siswa, eksplorasi ruang dan waktu, serta pemahaman nilai estetika. Kemampuan teknis siswa tergolong cukup (73,5%), tetapi masih lemah dalam akurasi dan stabilitas gerak. Kreativitas siswa dinilai tinggi oleh guru (81,5%), namun tidak sepenuhnya sejalan dengan penilaian diri siswa (77,25%) yang mengungkapkan kesulitan dalam menciptakan gerak yang kompleks dan ekspresi yang tepat. Penilaian akhir guru terhadap kemampuan siswa berada pada angka 75,75%, sedangkan penilaian peneliti lebih rendah, yaitu 60,75%. Setelah implementasi model pembelajaran, terjadi peningkatan signifikan dalam berbagai aspek, antara lain penggalian pengalaman awal, pengamatan kritis, keterkaitan lintas pelajaran, keberanian dalam eksplorasi gerak, dan pemanfaatan pola iringan. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dirancang efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran seni tari, sekaligus menumbuhkan kreativitas siswa secara lebih menyeluruh. Kata kunci: model pembelajaran, kreativitas, seni tari, sekolah menengah atas, penilaian pembelajaran


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/ST/Pal/r/2025
KT20251604
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/ST/Pal/r/2025
Penerbit
Yogyakarta : Pascasarjana ISI Yogyakarta., 2025
Deskripsi Fisik
xiv, 154 hal.: illus., lamp., 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/ST
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
kreativitas
Seni Tari
model pembelajaran
penilaian pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?