Tugas Akhir
Transformasi Pola Sikap Dalam Pembelajaran Tari Jawa Di Dedy Lutan Dance Company
Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses transformasi pola sikap pada murid dewasa beretnis non-Jawa melalui pembelajaran tari Jawa di bawah bimbingan Elly D. Lutan di Dedy Lutan Dance Company. Fokus utama penelitian ini adalah melihat bagaimana pembelajaran seni tari tradisional dapat menjadi medium perubahan psikologis. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan untuk menggali secara mendalam pengalaman subjektif murid melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, serta dokumentasi reflektif. Berdasarkan kerangka teori individuasi dan archetype dari Carl Gustav Jung, penelitian ini menemukan bahwa proses belajar tari Jawa memicu pertemuan murid dengan berbagai aspek batin seperti persona, shadow, anima/animus, dan simbol keutuhan diri (self). Proses ini ditandai dengan perubahan sikap dari frustrasi menuju penerimaan, penguatan refleksi diri, dan pembentukan identitas baru yang lebih sabar, terbuka, dan harmonis. Peran guru serta lingkungan belajar yang aman dan non-kompetitif turut memperkuat proses transformasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman estetis yang dialami melalui tari Jawa dapat membentuk koneksi emosional lintas budaya. Para murid tidak hanya menguasai keterampilan tari secara teknis, tetapi juga mengalami pembelajaran nilai-nilai budaya Jawa secara reflektif. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa seni tari tradisional, jika dipraktikkan dengan pendekatan yang reflektif dan kontemplatif, memiliki potensi sebagai medium pengembangan diri dan penyelarasan psikologis dalam konteks pembelajaran lintas budaya
Tidak tersedia versi lain