Tugas Akhir
Pengalaman Belajar Piano Bagi Penyandang Skizofrenia: Studi Kasus Terhadap Atensi Dan Emosi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran musik, khususnya model pembelajarn piano, terhadap siswa dengan gangguan skizofrenia. Fokus penelitian diarahkan pada pengamatan perkembangan perilaku dan atensi salah satu siswa di Jogja Music School (JMS) yang didiagnosis mengalami skizofrenia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi langsung selama proses pembelajaran piano berlangsung kurang lebih 2,5 tahun. Informan dalam penelitian ini meliputi anggota keluarga, pengasuh, dan perwakilan dari pihak JMS yang memiliki kedekatan dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran warna dalam pembelajaran piano dapat meningkatkan atensi siswa, baik selama sesi pembelajaran maupun di luar sesi, meskipun peningkatan tersebut bersifat flukuaktif. Temuan ini mengindikasi bahwa pendekatan berbasis warna dalam pembelajaran musik berpotensi mendukung keterlibatan dan perkembangan kognitif siswa
Tidak tersedia versi lain