Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tugas Akhir

Resepsi Anak terhadap Konsep Bahaya dan Aman dalam Buku Bergambar tentang Gempa

Lian Alviani, Ashr - Nama Orang;

Ancaman megathrust di Indonesia semakin nyata, mendorong lembaga pendidikan dalam tiga tahun terakhir mengadakan sayembara buku bergambar untuk mengenalkan konsep bahaya dan aman dalam menghadapi gempa bumi. Buku bergambar dipilih sebagai media edukasi karena mampu menyampaikan informasi secara menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan elemen visual yang dipahami anak usia 6 - 7 tahun serta menganalisis resepsi anak terhadap visualisasi konsep bahaya dan aman dalam buku bergambar. Teori utama yang digunakan adalah teori resepsi Wolfgang Iser, khususnya konsep gap, yang digunakan untuk melihat celah anak-anak dalam membangun makna dari ilustrasi buku bergambar. Cara berpikir anak dalam memahami visual diuraikan melalui teori literasi visual anak dari Maria D. Avgerinou. Analisis visual difokuskan pada elemen-elemen seperti tipografi, tata letak, dan warna untuk mengetahui unsur mana yang mempermudah pemahaman konsep bahaya dan aman saat gempa. Objek penelitian mencakup tiga buku bergambar: Bola Tiwi, Ketika Bumi Berguncang, dan Ketika Gempa di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan-temuan pada penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih mudah memahami konsep bahaya dan aman melalui ilustrasi konkret, visual yang familiar, serta narasi yang runtut. Sebaliknya, visual yang abstrak atau kurang jelas cenderung menghambat pemahaman. Temuan ini menegaskan pentingnya peran elemen visual dalam menyampaikan edukasi mengenai pengenalan konsep bahaya dan aman kepada anak


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/DK/Lia/r/2025
KT20251654
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/DK/Lia/r/2025
Penerbit
Yogyakarta : Pascasarjana ISI Yogyakarta., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/DK
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Visualisasi
Gempa Bumi
resepsi anak
buku bergambar
mitigasi bencana
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?