Tugas Akhir
Taktik Promotor Mendatangkan Artis Rock Internasional: Studi Kasus Jogjarockarta Festival.
Industri musik Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam menegosiasikan kontrak dengan band rock internasional untuk berpartisipasi dalam festival musik lokal. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kompleksitas negosiasi dan perbedaan budaya dalam menjembatani kepentingan promotor lokal dengan artis internasional. Pertanyaan penelitian berfokus pada bagaimana taktik-taktik yang dimiliki oleh promotor festival music untuk menghadirkan artis rock internasional. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisis dinamika dan mengungkap praktik terbaik dalam manajemen acara musik internasional. Sasaran penelitian meliputi tim negosiator perusahaan dan pemangku kepentingan festival. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, deskriptif melibatkan wawancara mendalam dengan para narasumber kunci, termasuk pihak manajemen dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk menggali informasi terkait taktik komunikasi, pengambilan keputusan, serta manajemen risiko yang diterapkan. Selain itu, penelitian ini juga mencakup analisis dokumen sebagai upaya mendukung dan memperkuat data yang diperoleh dari wawancara. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengkaji berbagai aspek dari perspektif yang holistik dan kontekstual. Taktik promotor mendatangkan artis rock internasional memerlukan kombinasi antara pemahaman pasar global, keterampilan negosiasi lintas budaya, serta kemampuan untuk menawarkan pengalaman unik bagi artis. Taktik yang diimplementasikan oleh Rajawali Indonesia Communication dapat dijadikan model bagi promotor musik Indonesia dalam meningkatkan daya saing di industri musik global
Tidak tersedia versi lain