Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi City Branding Shining Baru Sebagai Identitas Pariwisata Kota Batu

ATMAJI, Lutfi Tri - Nama Orang;

Kota Batu merupakan wilayah yang menjadi tujuan wisata dan peristirahatan sejak era Kerajaan Medang hingga saat ini. Jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan menjadikan Kota Batu sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di Jawa Timur. Pada tahun 2013 pemerintah Kota Batu memperkenalkan Shining Batu sebagai branding Kota Batu, namun hingga saat ini masih banyak wisatawan dan masyarakat yang masih menganggap Kota Batu merupakan bagian dari Kota Malang atau adanya fenomena overlapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab adanya overlapping di Kota Batu dan menganalisa kesesuaian city branding Shining Batu dengan identitas Kota Batu Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai proses pengambilan data. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 6 narasumber diantaranya dari kelompok pengelola 2 narasumber sebagai perwakilan dari pemerintah Kota Batu, 3 narasumber sebagai expertise dan 1 narasumber warga Kota Batu. Wawancara terhadap 10 wisatawan juga dilakukan sebagai data pilot study. Hasil wawancara kemudian diidentifikasi, diklasifikasi dan direduksi untuk dialanalisa serta divalidasi dengan metode trianggulasi sehingga menghasilkan temuan. Hasil temuan dari penelitian ini terdapat dua, yang pertama adalah faktor sejarah administratif memiliki peran besar dalam penyebab overlapping di Kota Batu dimana sebelum berdiri menjadi kotamadya wilayah Batu masih tergabung sebagai wilayah administratif Kabupaten Malang. Untuk mengatasi overlapping pemerintah Kota Batu memiliki strategi berupa promosi dan membentuk city branding Shining Batu. Konsep pembentukan Shining Batu berdasarkan pada visi misi walikota Batu dan strategi branding yang dilakukan masih sebatas promosi dan pengenalan brand Shining Batu kepada wisatawan dan masyarakat Kota Batu. Pada temuan yang kedua, city branding Shining Batu kurang mewakili identitas Kota Batu. Menurut hasil analisa data wawancara dari narasumber dan pilot study terhadap 10 wisatawan menyatakan bahwa pariwisata dan apel lebih mewakili identitas dari Kota Batu. Tagline Kota Wisata Batu sebagai penamaan Kota Batu saat ini justru lebih merepresentasikan identitas dari Kota Batu.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/MTS/Atm/s/2018
KT201801019
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/MTS/Atm/s/2018
Penerbit
Yogyakarta : Pascasarjana ISI., 2018
Deskripsi Fisik
xii + 139 hlm.; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/MTS/Atm/s/2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Identitas
Overlapping
Strategi City Branding
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?