Penelitian ini membahas proses komodifikasi budaya pada upacara adat Nutuk Beham di Desa Kedang Ipil, Kutai Kartanegara, yang mengalami pergeseran makna dari tradisi sakral menjadi festival komersial. Awalnya, Nutuk Beham merupakan ritual adat untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen padi yang melimpah, dilakukan secara gotong royong di ladang dengan serangkaian prosesi adat yang sarat …
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan Festival Pekan Seni Nan Tumpah (PSNT) oleh Komunitas Nan Tumpah di Sumatera Barat dalam menarik minat penonton serta menjaga keberlanjutan festival. Festival ini merupakan salah satu bentuk praktik seni berbasis komunitas yang berhasil bertahan sejak tahun 2009, dengan ciri khas sistem penjualan tiket sebagai bentuk apresiasi terh…
Industri musik Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam menegosiasikan kontrak dengan band rock internasional untuk berpartisipasi dalam festival musik lokal. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kompleksitas negosiasi dan perbedaan budaya dalam menjembatani kepentingan promotor lokal dengan artis internasional. Pertanyaan penelitian berfokus pada bagaimana taktik-taktik yang dimiliki…
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk partisipasi masyarakat serta dampak sosial dan ekonomi dari Festival Lima Gunung sebagai praktik budaya berbasis komunitas di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Festival ini diselenggarakan secara bergiliran oleh tujuh desa di lereng Gunung Merapi, Merbabu, dan Sumbing tanpa dukungan sponsor atau intervensi eksternal, sehingga menjadi model unik dala…
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi representasi nilai-nilai inklusivitas dalam program-program festival seni rupa kontemporer ARTJOG selama periode 2022–2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi penguatan identitas Yogyakarta sebagai City of Festival, yang menempatkan festival sebagai ruang budaya publik yang inklusif dan partisipatif. Menggunakan pendekatan kualitatif den…
Karisma Event Nusantara (KEN) merupakan program nasional berbasis event budaya daerah yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sejak 2021. Di Sumatera Barat, pengembangan pariwisata budaya melalui event KEN berisiko menjadi rutinitas tanpa makna strategis apabila tidak dikurasi dengan tepat. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran sistem kuratorial dalam p…
Buku Mengelola Festival Film membahas secara komprehensif tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penyelenggaraan festival film sebagai salah satu bentuk kegiatan budaya dan industri kreatif. Festival film bukan sekadar ajang pemutaran karya sinema, tetapi juga ruang pertemuan bagi sineas, penonton, kritikus, sponsor, dan pemangku kepentingan lainnya. Isi buku mencakup pengantar tentang…
Penelitian ini hendak membuat sebuah formula untuk mengembangkan pengelolaan festival film agar dapat berjalan lebih optimal dengan sumber daya yang ada.Bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang menentukan keberhasilan dan keberlanjutan pengelolaan Festival Film Solo Documentary serta merumuskan strategi pengembangan yang tepat untuk pengelolaan dan keberlanjutan Fe…
Europe on Screen (EoS) adalah festival film internasional terlama di Indonesia yang diadakan sejak tahun 1990. Setiap tahunnya, EoS memutarkan film-film terbaik dari negara Uni Eropa dan negara Eropa lainnya yang mempunyai kedutaan di Indonesia. Sebagai festival film, EoS mempunyai keunikan tersendiri karena eksistensi EoS tidak hanya untuk memutarkan film tapi juga sebagai alat diplomasi buday…
Penelitian ini membahas strategi promosi Festival Pesona Danau Limboto. Keberhasilan suatu kegiatan promosi yang dilakukan pihak penyelenggara sangat dipengaruhi oleh variabel-variabel bauran promosi (promotion mix). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada Festival Pesona Danau Limboto. Pendekatan penelitian yang diperoleh sangat penting untuk mendukung proses penel…
Penelitian ilmiah ini berawal dari sebuah fenomena tentang penentuan porsi antara sisi bisnis dan sisi musikal dalam festival musik yang masih menjadi perbincangan dalam dunia pengelolaan festival. Pembedahan hal-hal seperti perumusan line up artist yang diundang, manajemen pengelolaan, sisi bisnis dan sisi musikal dalam festival serta hal-hal terkait akan dibahas dalam studi ini. Tujuan peneli…
Cap go meh dan Liong merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Tionghoa. Dalam setiap perayaan Cap Go Meh, penampilan Liong merupakan sebuah keharusan. Maka Liong menjadi penampilan istimewa di Pontianak di setiap perayaan Cap Go Meh. Fungsi penampilan Liong ini ternyata bukan saja untuk ritual, tetapi juga mempromosikan kepentingan ekonomi dan wisata di PontianakPen…
Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana keberadaan sebuah komunitas Ikatan Remaja Muhamadiyah Jambidan dalam menyusun strategi pengelolaan sebuah event Festival Angklung Kids yang dapat bertahan sampai lima tahun. Penelitian ini dilakukan tepat pada saat event berlangsung. Pemilihan lokasi disesuaikan dengan pelaksanaan event yang dilakukan 1 tahun sekali dan konsisten memakai tempat t…
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh Emotion terhadap Kepuasan penonton dalam Festival Budaya “Tabuik Piaman” di Kota Pariaman, (2) Pengaruh Kualitas Festival terhadap Kepuasan penonton dalam Festival Budaya “Tabuik Piaman” di Kota Pariaman, (3) Pengaruh Citra Festival terhadap Kepuasan penonton dalam Festival Budaya “Tabuik Piaman” di Kota Pariam…
Penelitian Tesis berjudul ”Strategi Pengembangan Festival Budaya Dan Seni Tradisional Dusun Srumbung Gunung” hendak membuat perumusan rencana strategis pengembangan Festival Jajanan Tradisional agar dapat berperan lebih optimal bagi pengembangan budaya, seni, lingkungan dan ekonomi masyarakat di dusun Srumbung Gunung. Penelitian ini penting mengingat pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa…
Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) adalah sebuah festival kebudayaan yang diadakan setiap empat tahun sekali. Kegiatan ini diselenggarakan pertama sekali pada tahun 1958 dan menghimpun seluruh etnis di Aceh dari 23 kabupaten/kota dan sekarang tercatat sudah dilaksanakan sebanyak 7 kali. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya Aceh dan berimplikasi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan p…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan sebuah festival jazz yang dapat terselenggara di setiap tahunnya dengan konsep yang menarik yaitu diselenggarakan di desa-desa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu festival ini juga mampu mendatangkan musisi dari lokal, nasional hingga internasional kenamaan dengan bayaran yang minim. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan m…
Perkembangan musik pop di Indonesia tidak lepas dari peran media massa dalam mengakomodir industri musik yang secara tidak langsung mempengaruhi pembentukan selera musik di Indonesia. Dampak dari adanya budaya populer yang secara pasif di konsumsi oleh masyarakat, mengakibatkan geseran pada seni tradisi khususnya di wilayah musik tradisi Nusantara. Forum musik tembi yang berada dibawah naungan …
uku ini merekam polemik yang tampaknya kian meruncing perihal kehadiran sastra cyber Indonesia, khususnya situs , yang dikelola oleh Yayasan Multimedia Sastra YMS. Upaya semacam ini dipandang penting, sebab persoalan sastra cyber setidaknya adalah sebuah wacana yang perlu didiskusikan lebih jauh dengan kajian mendalam. Sebab pada masa kini, apalagi mendatang, kehadiran internet adalah kebutuhan…
Teknologi informasi saat ini berkembang dengan pesat dan memungkinkan setiap orang berkomunikasi tanpa ruang dan waktu yang terbatas. Kemajuan teknologi informasi melahirkan generasi baru WOM tradisional menjadi eWOM. Netizen berbicara tentang sebuah produk menjadi sangat umum di dunia maya. Tidak hanya produk komersial yang menjadi topik eWOM, pentas seni telah menjadi subjek eWOM oleh banyak …
Buku Pot-Pourri Fotografi ini merupakan kumpulan tulisan-tulisam yang pernah penulis hadirkan untuk seminar, katalog dan juga dimuat sebagai artikel lepas di jurnal seni. Kehadiran karya-karya foto dalam buku ini tidak semuanya dalam foto hitam-putih tetapi juga foto berwarna. Masing-masing diyakini memiliki nilai yang berbeda dengan kekuatan nuansa yang berbeda pula dalam konteks bahasa visual…
Ngayogjazz adalah salah satu festival musik jazz yang diselenggarakan rutin setiap satu tahun sekali di Yogyakarta. Festival ini mengalami peningkatan jumlah penonton yang signifikan setiap tahun dalam tiap penyelenggaraannya. Keberhasilan Ngayogjazz meraih penonton yang banyak ini adalah salah satu hasil dari strategi pemasaran yang dijalankan. Strategi pemasaran yang baik akan menjadi penentu…
Karya Michel Foucault adalah salah satu sumber yang paling berpengaruh dari ide-ide dalam humaniora dan ilmu sosial saat ini. Clare O'Farrell menawarkan pengenalan yang komprehensif dan dapat diakses oleh Foucault besar, beragam dan menantang output. Bukunya menyediakan berbagai alat-alat praktis dan karya referensi bagi pembaca yang ingin memahami dan menerapkan ide-idenya baik di tingkat pend…
Festival memiliki daya (kekuatan) dalam berbagai sisi seperti hiburan, edukasi, menyatukan berbagai komunitas di dalam masyarakat, dan juga aset ekonomi. Kepuasan penonton menjadi salah satu barometer utama untuk menilai kesuksesan suatu festival. Konsep penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Tckazynski dan Stokes (2010) yang mengembangkan model pengukuran kualitas penyeleng…