Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena kontradiksi visual antara kelir panggung seni pertunjukan dan pertambangan gumuk di Kabupaten Jember melalui penciptaan pertunjukan teater dengan judul karya Layar Buram. Pendekatan teater postdramatik digunakan untuk menciptakan pertunjukan melalui elemen-elemen seperti tubuh, ruang, waktu, teks, dan media. Teori ekosentrisme dengan konsep…
Ruang di luar layar (off-screen space) pada dasarnya dapat digunakan untuk memahami ruang sinematik. Ruang sinematik dapat didefinisikan secara sederhana sebagai segala sesuatu yang terlihat pada layar oleh mata. Seperti halnya sutradara dapat menggambarkan makna, ruang, dan karakter melalui gambar yang terbingkai dalam layar atau mise en scene dalam filmnya, demikia…
Teknik layar terbagi atau split-screen merupakan salah satu cara dalam penyuntingan gambar film, dengan menggunakan teknik tersebut sebuah gambar dapat di bagi menjadi beberapa layar, dengan isu kebakaran hutan dan lahan yang ada di provinsi Kalimantan Barat, film ini menciptakan ruang dan waktu dari dua layar yang dibagi. Di film pendek ini menceritakan kehidupan seorang peladang yang lekat d…
Buku ini mencoba menonjolkan pesan damai dari pelayaran yang dilakukan oleh Gieng Ho. Selain itu, untuk menjaga fokus, buku yang Anda baca ini membatasi diri dari berbagai detail yang tidak memiliki korelasi dengan Cheng Ho maupun Indonesia, sebagaimana buku ini ditulis dalam bahasa Indonesia. Nania Cheng Ho kini mulai familiar terdengar. Terlebih bagi yang memiliki pertalian dengan agama Islam…
Buku ini adalah upaya untuk menggali pemahaman dan pemaknaan terhadap nrealitas korealasional pertunjukan teater dalam dimensi tekstual, filosofis dan kreatifitas. Hal ini berkaitan dengan bagaimana sebuah model presentasi artistik memiliki korelasi dengan perjalanan migrasi dan penyerapan gejala sosial oleh seniman yang menempatkan posisi karya teater menjdi sebuah fungsi yang khas dan melahir…