Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi visual partisipan pada desain spanduk warung sate Madura berdasarkan tiga atribut, yaitu: daya tarik desain, kelengkapan konten, dan representasi budaya Madura pada spanduk. Survei dilakukan pada sepuluh spanduk di kota Semarang dan sekitarnya, dengan melibatkan seratus responden. Analisa data dilakukan dengan melakukan pemeringkatan, dan ana…
Watak keras, pemberani, sederhana, perantau, dan kokoh memegang agama adalah karakter khas bagi masyarakat Madura. Sebagai kelompok masyarakat yang fenomenal di negeri ini, mereka juga memiliki berbagai identitas budaya lokal yang sangat kuat dan tetap dipelihara hingga sekarang. Buku Arak-arakan ini menampilkan potret upacara tradisional yang dipentaskan dalam bentuk arak-arakan, yang m…
Meskipun sudah banyak buku yang membahas metode penelitian,bukan berarti sudah using untuk menguraikan kembali salah satu metodologi yang sekarang ini sedang digandrungi oleh para peneliti dan mahasiswa, yaitu metodologi penelitian kualitatif. Berbagai penelotian yang dilakukan dewasa ini sebagain besar menggunakan paradigma penelitian kualitatif, baik yang fenomenologis, naturalistik maupun …
Penelitian kebudayaan merupakan usaha untuk memahami fakta yang keberadaannya diwakili oleh sesuatu dan dilakukan secara rasional empiris. Sasarannya bukan hanya mengacu pada realitas yang konkret tetapi juga yang bersifat verstehen. Artinya,dalam penelitian kebudayaan lebih tepat dioreientasikan pada pendekatan kualitatif. Hasil penelitian kebudayaan yang reliabel dan valid hanya dapat dihasil…
Bangsa Madura memang memiliki kemampuan menghadirkan realitas secara sederhana melalui parodi orisinil yang berasal dari kehidupan sehari-hari. Parodi merupakan bahasa ungkap yang paling canggih untuk menggambarkan inti realitas. Hal itulah yang membedakan dengan tradisi para akademisi untuk memahami realitas saja harus melalui jalan metodologi yang ruwet berliku-liku dan tidak semua orang bis…
Penelitian ini dialkukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif, Pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, pengamatan dan kepustakaan. Dari berbagai data tersebut dianalisis menggunakan teori ideologi, gaya visual desain dan teori gaya hidup konsumen. Hasil penelitian diperoleh iklan pada tahap…
Buku ini menyoroti suatu aspek masyarakat Madura yang kurang dikenal, baik di Indonesia maupun di luar negeri, yaitu kegiatan keseniannya. Metode penelitian etnografis yang dipergunakan oleh penulis mengamati kesenian dari tingkat estetis sampai tingkat sosialnya, serta proses penciptaan yang nyata sampai sumber materialnya, sehingga mengungapkan kaitan struktural bentuk kesenian ini di bidang …