Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana Social media engagement yang hadir dalam Ngayogjazz sebagai festival musik di Yogyakarta. 2). Bagaimana Social media berperan dalam mencitrakan festival Ngayogjazz. Untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut maka digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual dari Christine Hine dimana Social media dipilih s…
“Ngayogjazz” hadir sebagai fenomena musik jazz yang berbeda dengan pagelaran jazz pada umumnya digelar pada tempat - tempat mewah, elite dan eksklusif, dimana “Ngayogjazz” selalu digelar pada kawasan perdesaan. Pada setiap penyelenggaraannya, “Ngayogjazz” selalu melibatkan para penduduk setempat yang ikut merayakan pagelaran tersebut dengan mengadopsi tatanan budaya lokal untuk mele…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan sebuah festival jazz yang dapat terselenggara di setiap tahunnya dengan konsep yang menarik yaitu diselenggarakan di desa-desa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu festival ini juga mampu mendatangkan musisi dari lokal, nasional hingga internasional kenamaan dengan bayaran yang minim. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan m…