Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pameran berdasarkan tipe, karakter, tempo, dan struktur lokasi di Gajah Galeri untuk memajukan karir perupa dan diperolehnya alur manajemen pameran seni rupa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi. Observasi dilakukan saat sebelum penelitian dengan mencermati agenda pameran dan saat penelit…
Buku ini menjelaskan pameran yang dirancang sebagai sebuah penciptaan karya kolaboratif yang sinergis dalam lingkup seni kontemporer secara luas (bukan hanya seni rupa). Disini kurator juga akan duduk bersama partisipan sebagai kolaborator dalam proses penciptaan. Kurator dan partisipan (seniman) dibayangkan sebagai sebuah kolektif seniman yang mengembangkan gagasan dan menciptakan karya seni b…
Model organisasi informasi dalam user interface (UI) publikasi pameran seni rupa dengan model katalog saat ini masih belum efektif dalam memenuhi kebutuhan pelaku seni rupa Yogyakarta. Inkonsistensi pengkategorian serta tidak tepatnya hierarki dan layout informasi yang terjadi pada organisasi informasi publikasi pameran berbasis smartphone menyebabkan tidak optimalnya UI tersebut dalam memenuhi…