Dinamika kehidupan dan perkembangan dunia tari secara substansial senantiasa mengarah pada sifat-sifat restoratif dan transformative. Apakah itu berupa rekontruksi tari-tari tradisi,kreasi-kreasi baru maupun karya-karya tari yang bersifat kontemporer atau eksperimental. Ruang dan waktu agaknya menarik dijadikan sebagai tolak untuk mengamati dan membicarakan seni pertunjukan, khususnya seni tari…
Mengapa brand lokal sulit berkembang di Indonesia ? Mengapa di negeri subur loh jinawi pertaniannya terbelakang? Mengapa kita kerap gagap menangkap sinyal perubahan ? Bagaimana dunia bisnis sebaiknya menanggapi berbagai persoalan masyarakat ? Seberapa jauh perkembangan teknologi informasi bisa membantu ? Di mana peran utama industri kreatif dan generasi muda? Sederet pertanyaan di atas terus-me…
Fotografi desain merupakan wacana pengetahuan dan pemahaman atas desain dan teknik fotografi yang berhubungan dengan penciptaan gambar fotografi dalam kerangka komunikasi. Dalam konteks ini, Fotografi desain dapat mengakomodasi dua bidang keilmuan yaitu bidang Desain komunikasi visual dan bidang fotografi, baik yang bersifat komersial dan non komersial. Harus diakui bahwa kebutuhan fotografi se…
Buku ini mengulas lebih dalam sisi-sisi yang belum tergali dari sebuah iklan, selain hal-hal teknis dan estetis, perlu juga nilai-nilai etik dari sebuah iklan. Buku ini merupakan kumpulan tulisan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi konsentrasi periklanan UMY. Dalam tulisan mereka ini berpijak pada realitas periklanna nyang ada di dalam masyarakat yang kemudian dikritisi dalam ranah akademik.
Pemilihan media promosi uang tepat merupakan kunci sukses pemasaran. Fakta inilah yang menjadikan bisnis luar griya (outdoor advertising) kian menjanjiakan untuk memenuhi kebutuhan berpromosi. Buku ini mengupas serba-serbi media iklan luar griya. Dengan paparan prosedur perizinan usaha, proses produksi berbagai media, pemilihan lokasi, serta RAB (Rencana Anggaran biaya) memungkinkan Anda dan si…
Komunikasi telah memupus batasan geografis dan menjadikan seluruh titik dunia ini pada saling terhubung. Lompatan dan revolusi teknologi telah membawa perubahan besar dalam berbagai hal, terutama pemasaran. Jika masa lalu pemasaran dan promosi berjalan sendiri-sendiri, sekarang semakin banyak perusahaan besar yang menyatukan pemasaran dan promosi ke dalam sebuah saluran komunikasi terpadu. Hal …
Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang terjadi di antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda (bisa beda ras, etnik, atau sosioekonomi, atau gabungan dari semua perbedaan ini). Kebudayaan adalah cara hidup yang berkembang dan dianut oleh sekelompok orang sertaberlangsungdarigenerasikegenerasi(Tubbs,Moss:1996). Komunikasi antar budaya memiliki akarnya dalam bahasa (khususnya…
Buku ini memuat tempat-tempat yang menajubkan dengan segala kekayaan alam,budaya yang berada di bumi pertiwi ini. Pulau-pulau dengan keelokan pesona alamnya dipapar dalam buku setebal 120 halaman ini. Bagi para wisatawan dan pemerhati budaya,kupasan dalam buku ini menjadi referensi tentang Indonesia yang sangat kaya akan ragam budaya dan kesenian.
Buku dasar-dasar pariwisata ini memberikan gambaran kepada pembaca akan konsep awal disiplin ilmu pariwisata yang pada akhirnya akan menuju pada kerangka/pola pengembangan pariwisata, sehingga sangat bermanfaat bagi siswa sekolah menengah kejuruan pariwisata, mahasiswa pariwisata dan praktisi pariwisata. Buku ini membahas tentang perencanaan produk wisata, organisasi-organisasi pariwisata, upay…
Buku ini adalah buku cerdik yang disajikan Mas Dian setelah sekian banyak buku Fengshui yang dikarang dan diterbitkannya. Buku ini didarikan dari perjalanan karier Mas Dian saat masih menekuni dunia grafis. Beliau pernah bekerja sebagai desainer grafis (1976-1983) di kota Semarang, jauh sebelum menjadi konsultan ilmu Feng Shui. Dengan begitu, tentunya buku ini benar-benar kaya akan dinamika se…
Advertising telah menjadi bagian keseharian kita dan menjadi salah satu industri bernilai jutaan, ini menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan di era teknologi dan informasi yang terus berkembang pesat tetapi, kesuksesan advertising tidak terjadi begitu saja, dibutuhkan pemahaman yang komprehensif tenteng pokok-pokok dan semua aspek advertising yang menunjang kesuksesan kampanye perik…
Menawarkan pendekatan inovatif yang menyajikan konsep kompleks dengan gaya yang sederhana, mudah dipahami, menarik, Riset Periklanan: Teori dan Praktik menggunakan ratusan contoh dan ilustrasi kontemporer untuk membantu siswa membuat hubungan antara teori periklanan dan praktik periklanan; mengarahkan siswa melalui dasar-dasar penelitian periklanan: perencanaan penelitian, penelitian sekunder, …
Buku ini mengungkap modus iklan dalam mempermainkan dan mendikte melalui citra dan identitas Barat. Namun apakah industri periklanan demikian kuatnya sehingga dapat menjadi salah satu penyebab pengikisan identitas?Apakah presentasi iklan merupakan ancaman atas identitas suatu masyarakat? Buku ini berusaha memberi jawaban melalui analisis pesan iklan.
Buku ini menyajikan hasil penelitian bidang bidang arsitektur di sembilan desa kuno di Bali. Dengan membaca arsitektur sebagai artefak, penulis berusaha menemukan tidak saja tata cara memeilih dan menepatkan material bangunan, bagaimana para undagi (arsitek tradisional) itu memberi nuansa estetik,membagi ruang sesuai fungsinya.
Buku ini menjelaskan masalah periklanan, sumbangan pemikiran para praktisi periklanan. Iklan tidak pernah berhenti hanya sebagai iklan. Iklan hanyalan satu bentuk perjuangan untuk saling berbagi,saling memberdayakan. Meski dunia periklanan dipandang rumit namun buku inimenjelaskannya dengan bahasa sederhana, mudah dicerna kemudian diimplementasikan.
Ilmu adalah sebuah permainan. Mungkin permainan catur, adalah ibarat yang paling dekat. Ada aturan, dan aturan main itu adalah hasil buatan kita, ada persetujuan kita. Dan dalam menjalankan permainan itu setiap pelaku harus berjalan dalam peran masing-masing, sehingga dalam keseluruhan karena masing-masing bergerak dalam sebuah strategi permainan yang dipilih maka hasilnya adalah permainan buah…
Perkembangan dunia arsitektur terjadi di seluruh penjuru dunia. Perkembangan tersebut disebabkan berbagai macam alasan dan keadaan. Iklim dan lingkungan salahsatu yang membentuk kebudayaan manusia. Kebudayaan memengaruhi timbulnya arsitektur yang terus berkembang hingga saat ini sejalan dengan majunya tingkat berpikir manusia, selain itu juga disebabkan kepercayaan atau tepatnya agama.
Membuat orang memahami MarComm (Marketing Communications) atau komunikasi pemasaran sebenarnya bukan hal yang mudah. Mengajar mahasiswa tentang big idea misalnya, membutuhlan sekian kali perjumpaan dan sekian kali latihan. Itu pun tidak membuat semuanya paham benar apa dan bagaimana big idea itu. Buku ini merupakn kumpulan tulisan seorang praktisi dan pengamat periklanan senior yang diuraikan s…
Penari, pembatik dan empu keris, sosok bidayawan komplit seperti KRT Hardjonagoro jumlahnya tak banyak. Dengan totalitas jiwa, ia tak hanya mendalami budaya Jawa tapi seklaigus menghirup tata nilai dan melakoninya dalam kehidupan nyata. Tarian Jawa sudah mendarah daging sejak bocah, berikutnya menggeluti batik sampai kemudian menguasai.
Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosiberisi sebuah pandangan kontemporer mengenai peran penting komunikasi pemasaran. Buku ini menekankan pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication—Komunikasi Pemasaran Terpadu) dalam meningkatkan ekuitas merek, serta menyediakan penjelasan mengenai sebuah program IMC dari berbagai aspek, di antaranya: periklanan, promosi penjualan,…
Lukisan Raden Saleh yang berjudul Penangkapan Pangeran Diponegoro dipilih menjadi obyek utama dalam penciptaan karya seni videografi karena lukisan ini merupakan sebuah karya dengan proses apropriasi dari lukisan yang sudah ada sebelumnya. Penciptaan karya videografi ini dilakukan dengan melalui pendekatan apropriasi, khususnya apropriasi parodi. Apropriasi adalah sebuah istilah dalam sejarah s…