Kemajuan teknologi menggerakkan masyarakat untuk mengakses berbagai informasi secara online karena mudah dan cepat. Akan tetapi diera serba digital masih dijumpai media promosi yang sifatnya konvensional yaitu billboard. Selain penting, keberadaannya juga masih dibutuhkan sebagai bukti fisik dan sifatnya lebih meyakinkan serta menunjang keindahan kota. Namun terdapat beberapa permasalahan di an…
Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai potensi pariwisata. Potensi pariwisata DIY mengembangkan berbagai inovasi di bidang kuliner. Fenomena saat ini yaitu inovasi bisnis kue yang dikenalkan oleh selebritis sejak Tahun 2014. Penelitian ini dibuat bertujuan mengetahui bagaimana tata visual pada kemasan kue selebritis di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan ana…
Penelitian kualitatif ini condong pada paradigma teori kritik, dengan pendekatan budaya visual dan estetika sublim. Data utama terdiri dari 9 wayang kulit Batara Kala, dan 3 Batara Kala dalam media non-wayang kulit. Pendapat dalang dan peristiwa Ruwatan Murwakala digunakan sebagai data pendukung. Data dikoleksi dengan metode bahan visual, wawancara, dan observasi. Sesuai teknik analisis tata vi…