Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik adaptasi musikal dalam ibadah gereja, khususnya terkait keberlanjutan penggunaan himne di tengah dominasi musik kontemporer di kalangan generasi muda. Fokus kajian diarahkan pada Gereja Kristen Indonesia (GKI) Karangsaru di Semarang, yang secara konsisten mempertahankan himne dalam liturginya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denga…
Penelitian ini merupakan proses penciptaan tari Pagzet sebagai reinterpretasi dari tari Pakarena, yang bertujuan untuk mempresentasikan nilai-nilai kehidupan Generasi Z dalam konteks perubahan sosial. Latar belakang karya ini berangkat dari pergeseran nilai tradisional yang digambarkan dalam tari Pakarena, menjadi sosok perempuan yang lebih aktif, ekspresif, dan responsive terhadap perkembangan…
Perancangan desain interior dan sensory branding, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi positif konsumen. Ketika pengunjung merasa nyaman dan terhubung dengan lingkungan mereka, persepsi positif terhadap interior akan terbentuk, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pengalaman positif bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sensory branding dalam desain…