Penciptaan film dengan menghilangkan karakter manusia merupakan sebuah upaya untuk merespon situasi pandemi yang sedang berlangsung. Eksistensi manusia dalam film ini digantikan dengan set dan properti. Pemilihan set dan penataan properti menjadi cara bertutur untuk menyampaikan gagasan mengenai tiga fase perjalanan manusia yang digambarkan melalui pencipt…
Penelitian ini mencoba membangun argumen secara kritis dengan memeriksa kembali proyeksi tema nasionalisme dalam naratif film-film Usmar Ismail pada era 1950-an. Gagasan nasionalisme kebangsaan oleh Benedict Anderson digunakan sebagai konsep kerja utama dalam membedah naratif pada film Darah dan Doa, Lewat Djam Malam (1954), dan Tamu Agung (1955). Caranya adalah dengan menguraikan temuan d…
Buku ini dengan menarik mengarahkan pembaca untuk mendapat penjelasan jaring budaya tentang peradaban pesisir sebagai bagian penting di Asia Tenggara. Peradaban pesisir yang dimaksudkan di sini adalah kehidupan pinggiran pantai atau kompleks masyarakat pantai, yang secara khusus berada dalam kronik antara abad ke-15 hingga ke-20.Begitu menariknya kehidupan di pantai, hingga Vicker menyebutnya s…