Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan pendidikan musik di Sekolah Musik Yogyakarta dengan fokus pada tata kelola seni. Melalui pendekatan kualitatif studi kasus komparatif, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pendirian sekolah musik, membandingkan metode pengajaran musik dengan kurikulum yang mengikuti perkembangan industri musik, dan mengevaluas…
Buku ini berisi sebuah jawaban nyata dan jelas serta bagaimana teknis untuk meyakinkan pemerintah dan seluruh lembaga pendidikan yang selama ini meragukan dengan pendidikan jarak jauh, termasuk Ilmu Teknologi Pendidikan. Penulis menunjukkan dalam buku ini bahwa kepakaran Teknologi Pendidikan sekarang, pada saat pandemik Covid-19 sudah pasti di cari dan dibutuhkan untuk membangun sistem pembelaj…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan krisis yang dialami oleh wirausaha di masa pandemi COVID-19 dan pembelajaran kewirausahaan yang diperoleh selama menjalankan usaha di masa pandemi COVID-19. Permasalahan dalam penelitian ini adalah keadaan lingkungan akibat pandemi COVID-19 yang berubah berdampak negatif bagi usaha musik pernikahan, sehingga harus mampu beradaptasi dengan perubahan…
Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat pada materi mencipta musik kontemporer telah memberi dampak terhadap tidak tercapainya target ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas XII (SMA). Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat prosedural komposisi berbasis alphabet sebagai tawaran dalam membuat model pembelajaran yang fleksibel, akur…
Buku ini sebahagian besar merupakan kumpulan makalah yang dijadikan materi pada kegiatan Forum Ilmiah X FPBS UPI ( Seminar dan lokakarya Internasional Bahasa, sastera, seni, dan pembelajarannya), dengan mengusung tema " Kajian - kajian mutakhir dalam bahasa, sastera, seni, dan pembelajarannya untuk memperkokoh jati diri bangsa". FPSD UPI memandang bahwasanya pemgembangan sumber daya manusia ada…
Metode pantomim di Indonesia dalam perspektif pendidikan ini merupakan penemuan model pembelajaran seni pantomim untuk institusi pendidikan formal. Selama ini pantomim diajarkan di sekolah - sekolah sebagai kegiatan ekstra kurikuler yang dikaitkan dengan seni drama/teater. Bahkan seni pantomim tidak diajarkan sama sekali, karena kurangnya sumber daya manusia dan apresiasi terhadap seni pantomim…
Eksplorasi merupakan kegiatan penjelajahan dan pencarian gaya pribadi dengan bereksperimen serta memperbanyak pengalaman pada teknik dan komposisi untuk menemukan bentuk-bentuk baru. Fosil merupakan benda artefak bersejarah yang memiliki nilai artistik dan muatan kisah kehidupan lampau. Fosil menginspirasi dalam karya lukisan serta melakukan proses eksplorasi untuk menangkap dan menemukan nilai…
Kemampuan mempelajari berbagai hal baru di sekelilingnya sudah dimiliki manusia sejak lahir. Akan tetapi, sejalan dengan waktu, maka berbagai hal yang harus dan ingin diketahui olehseseorang pun semakin meningkat. Maka, pada satu titik tertentu, kemampuan belajar tersebut harus di dukung oleh proses belajar mengajar yang efektif sehingga apa yang didapat dan dipelajari dapat diserap dan diimple…
Buku ini akan mengupas secara tuntas media pembelajaraan dan penerapannnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.Pembahasan buku ini mengenai beragam jenis media pembelajarana yang akan diuraikan dalam setiap bab-nya, Diataranya pembahasan mengenai media pemebelajarana berbasis audio visual, media pembelajaran Microsoft Power Point, media pembelajatan internet, multimedia berbasis komputerm dab in…
Buku imaji/musik/ teks ini memuat gagasan-gagasan kunci Roland Barthes tentang analisis struktural narasi serta beberapa naskah mengenai teori literasi, semiotika fotofrafi dan film, musica pratica, dan suara. Di dalam karya ini kita akan merasakan peralihan setahap demi setahap dari karya menuju teks: suatu penjelajahan sampai ke jeroan aktivitas penandaan serta kemauan untuk mengikuti gerak s…
Aslinya diterbitkan pada tahun 1940, buku ini menyajikan isi Kuliah Rede untuk tahun itu, yang disampaikan oleh Sir Augustus Daniel di Cambridge University. Buku ini akan menjadi nilai kepada siapa pun dengan minat dalam kritik seni dan sejarah seni. Ketika saya merasa terhormat dengan undangan untuk memberikan kuliah rede, saya harus tidak mengatakan bahwa saya ragu-ragu. Saya rerely telah mem…
Karya lukisan bermakna sosial dapat sebagai media komunikasi antara seniman dan masyarakat tentang pesan tertentu sebaiknya tetap didasarkan atas kesadaran bahwa segalanya demi kebaikan dan kemajuan bersama. Namun di sisi lain nilai personalisasi dan sosialisasi dalam lukisan perlu juga diusahan keseimbangannya. Pendekatan provokatif dengan muatan pesan terte…