Kota Malang memiliki positioning sebagai kota wisata dengan branding “Beautiful Malang” yang belum mencangkup aspek Tribina Cita Kota Malang yaitu pendidikan dan industri. Branding ini justru menguntungkan kota lainnya yang memiliki kawasan wisata yang lebih baik. Disisi lain visual branding “Beautiful Malang” tidak merepresentasikan Kota Malang yang memiliki berbagai potensi dan tidak …
Ngayogjazz adalah salah satu festival musik jazz yang diselenggarakan rutin setiap satu tahun sekali di Yogyakarta. Festival ini mengalami peningkatan jumlah penonton yang signifikan setiap tahun dalam tiap penyelenggaraannya. Keberhasilan Ngayogjazz meraih penonton yang banyak ini adalah salah satu hasil dari strategi pemasaran yang dijalankan. Strategi pemasaran yang baik akan menjadi penentu…
Konsumen memiliki sifat unik dan berbeda-beda, membutuhkan bentuk startegi pemasaran yang berbeda pula. Seni pertunjukan yang mengusung tema Cabaret pastilah memiliki konsumen yang memiliki karakter sifat yang unik dan berbeda. Tahap awal untuk menganalisis pasar yang akan menjadi target pasar Cabaret Show dengan melakukan penentuan terhadap segmenting, targeting, dan positioning, barulah …
Nyanyian Mammemmang merupakan mantra yang dilafalkan oleh pemimpin ritual saat prosesi pemanggilan arwah nenek moyang Pa’bissu, nyanyian mantra ini dilafalkan sebelum Pa’bissu melakukan Sere Maggiri’. Dalam studi kasus ini, terdapat dua pemimpin ritual yang melafalkan nyanyian Mammemmang dengan versi berbeda secara struktur musikal. Kedua pemimpin ini masing-masing bernama (PM) dan (PS). …