Penulis meninjau bahwa karya musik spektral pada umumnya membutuhkan waktu yang panjang untuk menggerakkan setiap bagiannya. Hal ini disebabkan oleh lemahnya ritme atau aspek waktu dalam musik spektral karena sulitnya menghasilkan variasi ritme organik yang dapat independen dan tidak saling mengaburkan dari spektrum bunyi serta sulitnya menghubungkan timbre (sebagai preferensi musik spektral) d…
Perbedaan perempuan Nagari Unggan yang bebas dengan perempuan lain yang tidak bebas di Minangkabau dalam permainan calempong, menjadi latar belakang penelitian ini. Keberadaan perempuan Unggan yang merubah keadaanya dan posisi laki-laki sebagai pemain calempong di lihat sebagai “kebebasan” yang bermakna proses. Kebebasan yang setara dengan becoming dan mengandung teritorialisasi. Teritorial…
Tujuan penelitian penciptaan ini adalah untuk mengetahui bentuk pola ritme, dari konsep wiletan pada permainan kendang Jawa gaya Yogyakarta dan mengetahui kemungkinan lain yang dapat diterapkan dalam mengaransmen atau merangkai komposisi berlandaskan konsep wiletan pada permainan kendang Jawa gaya Yogyakarta dengan melakukan eksperimentasi terhadap pola ritme Penelitian penciptaan ini melakuka…
Film “Candramawa” menceritakan realita kehidupan keluarga yang dikerucutkan pada rasa traumatik tokoh utama dibangun dengan menerapkan ritme penyuntingan lambat. Ritme penuturan lambat dalam penyutingan digunakan sebagai alat untuk membentuk irama dalam kecepatan bercerita, serta membangun sebuah ketegangan pada film. Ketegangan dalam hal ini bukan dengan meningkatkan intensitas pemotongan …
Otak Anda Dalam Musik; Pengetahuan Tentang Obsesi Manusia: adalah buku sains populer yang ditulis oleh ilmuwan saraf Universitas McGill Daniel J. Levitin, dan pertama kali diterbitkan oleh Dutton Penguin di AS dan Kanada pada tahun 2006, dan diperbarui dan dirilis dalam paperback oleh Plume / Penguin pada 2007. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam 18 bahasa dan menghabiskan lebih dari setahun…
Penciptaan karya Pakusarakan Kuring (tanah kelahiran) ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan bagaimana melakukan pengembangan seni Karawitan dengan melakukan penelitian seni budaya dan eksperimentasi ritme yang berasal dari bebunyian Pilemburan (desa). Bebunyian Pilemburan mempunyai kekhasan dan berasal dari aktivitas sosial budaya masyarakat desa. Bebunyian ini bisa saja berasal dari mainan …