Metode pantomim di Indonesia dalam perspektif pendidikan ini merupakan penemuan model pembelajaran seni pantomim untuk institusi pendidikan formal. Selama ini pantomim diajarkan di sekolah - sekolah sebagai kegiatan ekstra kurikuler yang dikaitkan dengan seni drama/teater. Bahkan seni pantomim tidak diajarkan sama sekali, karena kurangnya sumber daya manusia dan apresiasi terhadap seni pantomim…
Bagong Kussudiardja, bertekad melengkapi pilihan hidupnya sebagai seniman. Ia sejak kecil menggeluti dunia tari dan lukis. Lingkungannya dan orang tuanua ikut membangun dan mendorong Bagong menjadi seniman. Ia lahir di Yogyakarta 9 Oktober 1928. Ayahnya seorang penulis buku dan penyalin buku, abdi dalam Keraton Yogyakarta. Ibunya suka membatik. Bagong kecil pun mulai tumbuh kuncup kesenimananny…
Buku ini merupakan hasil pengalaman penulis ketika bergelut di dunia drama, baik sebagai penulis naskah drama, aktor, sutradara, pengelola pertunjukan, maupu pengajar drama di berbagai kampus dan kelompok seni di masyarakat. Buku ini membahas tentang: Esensi Drama , Bahasa Drama , Sejarah Seni Peran , Teori Seni Peran , Manusia Pemeran, Badaniah Pemesan, Jiwaiah Pemeran , Intelektualitas Peme…
Buku kreativitas sejarah, teori, dan perkembangan ini merupakan hasil penjelajahan penulis selama belajar seni dan kreativitas sebagai ilmu pengetahuan dan keterampilan. kreativitas pun menjadi virus yg merasuki penulis sejak belajar seni drama yang diasuh nursisto dan seni batik oleh begawan puspoyudo semasa di sama argomulyo Yogyakarta. Dalam buku ini juga dibahas pengertian dan sejarah kreat…
Pada konteks menuju seni pertunjukan sastra dibutuhkan praktek langsung bagaimana mengekspresikan karya sastra itu sendiri. Hal itu dapat mulai dengan menulis, mencipta puisi, cerpen dan naskah drama, dsb., juga dapat mengeskpresikan dalam bentuk mementaskan karya sastra misalnya deklamasi, baca, puisi, baca cerpen, baca naskah drama dan mengkolaborasikannya. Buku ini dimasudkan untuk menambah …