Text
Customer relationship management untuk UMKM
Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Buku ini merupakan lanjutan dari buku saya yang pertama yaitu CRM dan MPR Hotel. Hanya saja buku ini lebih dititik beratkan kepada CRM dan bagaimana CRM ini diimplementasikan pada UMKM. Selama ini CRM identik dengan penggunaan teknologi yang canggih dan mahal, padahal dalam kenyataannya tidak harus selalu demikian. Dalam buku ini diulas bagaimana dengan teknologi yang sederhana CRM dapat diimplementasikan di UMKM. Buku ini terdiri dari 4 Bab. Bab 1 dimulai dengan prinsip dasar CRM yang terdiri dari konsep, definisi, strategi, proses, jenis, peran serta manfaat CRM. Bab 2 bercerita tentang UMKM khususnya di Indonesia. Dimulai dengan gambaran umum UMKM, peraturan/undang-undang UMKM, klasifikati UMKM serta perkembangan UMKM di Indonesia. Bab 3 berisi tentang program CRM untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang terdiri dari program, dimensi serta tahapan CRM di UMKM. Buku ini diakhiri dengan implementasi CRM di Indonesia di berbagai jenis UMKM yaitu sepatu Saint Barkley, baju koko Fatih, travel Siliwangi Holiday, cakue Ceu Enox serta usaha fotografi Retroika Filme.
Tidak tersedia versi lain