City branding merupakan sarana pengembangan ekonomi perkotaan yang diadaptasi dari metode pemasaran oleh perencana dan perancang kota beserta semua pemangku kepentingan (stakeholder). Kota memerlukan citra dan reputasi yang kuat dan unik untuk menghadapi persaingan antarkota dalam memperebutkan sumber daya ekonomi di tingkat lokal, regional, nasional, dan global. Banyak kota/kabupaten di Jawa T…
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi perusahaan dalam membangun citra perusahaan dengan menggunakan media seni sebagai bentuk branding. Melalui pendekatan kualitatif dan dengan metode deskriptif analitik, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi apa saja yang dilakukan perusahaan untuk membangun citra perusahaan. Penelitian ini melihat hubungan seni dengan citra perusahaa…
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas "City Branding" kota Singkawang melalui Festival Cap Go Meh dalam meningkatkan pariwisata kota tersebut dari perspektif City Branding. Kota Singkawang memiliki daya tarik pariwisata yang unik, dan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Festival Cap Go Meh membantu membangun citra positif Kota Singkawang dan meningka…
Penjenaman adalah hal yang harus terus dilakukan dalam mempublikasikan dan memasarkan apa yang dimiliki oleh sebuah instansi maupun perusahaan. Penjenamaan memiliki peranan penting di dalam sistem berkelanjutan yang bertujuan untuk dapat terus dinikmati dari satu generasi ke generasi yang lain. Penjenamaan terhadap Griya Seni Hj. Kustiyah Edhi Sunarso yang telah diresmikan dari tahun 2015 adala…
Dunia komunikasi, advertising,dan marketing menemukan habitat lebih menantang. Habitat yang indah, penuh dengan dinamika yang tak terpikirkan sebelumnya. Kemungkinan-kemungkinan baru ini menyebabkan penghuninya harus belajar, bermetamorfosis, dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Pendekatan mainstream dan pendekatan nonmainstream seperti bertumpukan karena memang ini adalah masa transisi m…
Membangun personal branding (merek diri) dalam karier maupun bisnis memang membutuhkan kerja keras dan pengalaman. Personal branding tidak sekadar soal tampil beda dan percaya diri di hadapan umum, tetapi bagaimana Anda mengaktualisasikan potensi diri, sehingga citra positif dapat berkembang dan kepercayaan dengan orang lain dapat Anda bangun. Buku ini menyajikan cara yang efektif dan efisien d…
Mengapa orang-orang harus memilih brand saya, bukan brand yang lain?" Apabila Anda hendak membangun sebuah brand yang kuat dan top of mind, Anda harus bisa memanfaatkan setiap peluang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Maka, buku ini hadir untuk mengupas tuntas pokok-pokok branding yang meliputi dasar-dasar branding, proses branding, transformasi branding, strategi branding pada era disrupsi, …
Buku ini hadir untuk mengupas tuntas pokok - pokok branding yang meliputi dasar - dasar bdanding, proses branding, transformasi branding, strategi branding pada era disrupsi, dan strategi branding perusahaan - perusahaan bermerek besar. kita akan belajar banyak tentang bagaimana membangun branding dengan tepat dan efektif pada era disrupsi. Lantas, buku ini tidak hanya menyajikan teori tentang …
Hozpit merupakan sebuah brand yang bergerak di bidang tatah timbul kulit. Hozpit berasal dari kata House of Pirates, yang berarti rumah bajak laut. Melalui hal tersebut tentunya karya yang diciptakan oleh Hozpit sebagian besar bernuansa bajak laut. Tatah timbul sendiri merupakan industri lama yang ada di Yogyakarta. Banyaknya seniman lokal pembuat karya tatah timbul merupakan buktinya. Akan tet…
Mila Art Dance School atau bisa disingkat dengan naman MAD School merupakan lembaga kursus tari yang didirikan oleh salah satu seniman muda Yogyakarta yaitu, Mila Rosinta Totoatmojo S.Sn, M.Sn., sebagai wadah bagi siapapun yang ingin belajar tari atau memperdalam ilmu tari. Berdiri sejak tahun 2015 MAD School sampai saat ini sudah mampu meluluskan 676 siswa dan murid yang saat ini sedang mengik…
Beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki city branding dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya adalah Sparkling Surabaya. Brand destinasi pariwisata yang memiliki makna gemerlap kota Surabaya ini telah berusia 11 tahun. Namun ternyata ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui akan keberadaan brand ini. Hal ini menjelaskan jika tingkat kesadaran masyarakat akan brand tersebut dini…
Kota Malang memiliki positioning sebagai kota wisata dengan branding “Beautiful Malang” yang belum mencangkup aspek Tribina Cita Kota Malang yaitu pendidikan dan industri. Branding ini justru menguntungkan kota lainnya yang memiliki kawasan wisata yang lebih baik. Disisi lain visual branding “Beautiful Malang” tidak merepresentasikan Kota Malang yang memiliki berbagai potensi dan tidak …
Bidang studi Desain Grafis belakangan ini telah berkembang menjadi desain komunikasi visual. Jika desain grafis hanya berorientasi pada grafis dua mantra, maka desain komunikasi visual jangkauannya telah meliputi media-media yang beragam yang populer disebut dengan istilah ‘multimedia’. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari bidang komunikasi desain visual akan sangat berguna jika memaha…
“Pop Art” Desain jenis ini sebenarnya sudah ada sejak lama, dan memiliki banyak cabang seni lain, seperti retro, vector art serta retro futuris. Anda sering melihat desain Pop Art dibanyak tempat, mulai dari poster iklan, wallpaper desktop, desain cover bahkan distro. Dalam buku ini Anda akan mempelajari teknik penggunaan Pen tool untuk membuat objek vector atau shape, mendesain latar bela…
Bisnis fashion sedang bergerak ke arah corporate-based brand sejak Gianni Versace mati dibunuh di depan rumahnya di Miami. Peran desainer utama sebagai sumber citra sebuah brand fashion semakin lama akan semakin dikerdilkan untuk menjamin sustainabilitas perusahaan dalam jangka panjang. Bisnis fashion juga tengah bergerak dari product leadership ke arah brand leadership yang memberikan daya sai…
Sejak awal terjadinya, ilmu antropologi didasarkan atas penelitian komparatif. Konsepsi para pendekar antropologi seperti JJ.Bachofen. L.H.Morgan,E.B.Tylor dan lain-lain, mengenai evolusi kebudayaan hanya dapat terwujud karena mereka membanding-bandingkan berpuluh-puluh kebudayaan di berbagai tempat di dunia.
Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak potensi wisata khususnya wisata heritage dan wisata alam. Potensi-potensi yang dimiliki oleh Kota Bukittinggi ini secara tidak langsung akan berhubungan dengan peluang disektor industri, jika potensi-potensi ini dikembangkan maka akan menarik investor dan para wisatawan untuk datang ke Bukittinggi. Namun masih banyak m…
Kota Batu merupakan wilayah yang menjadi tujuan wisata dan peristirahatan sejak era Kerajaan Medang hingga saat ini. Jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan menjadikan Kota Batu sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di Jawa Timur. Pada tahun 2013 pemerintah Kota Batu memperkenalkan Shining Batu sebagai branding Kota Batu, namun hingga saat ini masih banyak wisatawan dan masyarakat ya…
Buku ini membahas perdebatan yang berlangsung di seputar isu budaya dan politik yang percaya diri, berimbang, dan menstimulus. Buku ini akan mengeksploitasi sejumkah akibat pada masyarakat dan budaya yang dikuasai budaya media. Buku ini akan menyelami asal-usul dan dampak dimana bentuk budaya ini memengaruhi banyak aspek kehidupan sehari-hari secara mendalam. Tema utama buku ini berkutat dengan…
Dari penelitian dan analisis melalui strategi merek, pengembangan desain melalui desain aplikasi, dan standar identitas melalui peluncuran dan pemerintahan, Merancang Brand Identity, Fourth Edition menawarkan manajer merek, pemasar, dan desainer, proses lima fase yang universal terbukti untuk menciptakan dan menerapkan merek yang efektif identitas. Diperkaya dengan studi kasus baru menampilkan …
Dalam kaitan dengan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan ataupun pendidikan saling mendukung. Kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya yang berfungsi dan mampu membentuk karakter manusia pendukungnya. Yang diperlukan ialah para pendidik dan pemerintah harus berkemauan dan mampu menggali nilai-nilai kebudayaan.
Kelanggengan merek (brand longevity) merupakan ukuran minimum kesuksesan merek dan prasyarat bagi indikator kinerja bisnis lainnya, seperti pertumbuhan, profitabilitas, pangsa pasar, dan lain-lain.Bagaimana mungkin sebuah merek bisa tumbuh bila tidak survive?Selain itu, merek adalah salahsatu strategi terpenting setiap perusahaan yang mampu menciptakan nilai atau manfaat bagi pelanggan dan peru…
Perancangan buku etnofotografi kesenian Tari Kiprah Glipang, bertujuan sebagai dokumentasi visual yang lengkap tentang proses akulturasi kebudayaan Jawa dan Madura di daerah Pandhalungan Probolinggo dalam proses terbentuknya kesenian Tari Kiprah Glipang. Selain itu juga bertujuan agar kesenian Tari Kiprah Glipang tetap berkesinambungan. Karena upaya mempertahankan kebudayaan adalah dengan cara …
Batik Oey Soe Tjoen adalah salah satu batik pesisiran yang memiliki keunikan dan kekhasan sendiri yang mampu memberi dampak bagi perkembangan batik di Pekalongan. keunikan yang dimiliki membuatnya memiliki gaya yang berbeda dari batik lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan estetika dan sosiologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan,dan sum…