Penelitian ini mengeksplorasi peran dan potensi teknologi digital dalam pemasaran jasa komposer Karawitan Bali. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana teknologi digital, khususnya melalui platform media sosial dan perangkat lunak musik seperti FL Studio, dapat membantu komposer dalam mempromosikan dan mendistribusikan karya mereka secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan…
Meningkatkan minat dalam sektor jasa telah dibarengi dengan ketidaksepakatan dan berdasarkan tentang apa yang membentuk jasa dan apakah pemaasaran jasa merupakan bidang disiplin khusus ?. Di mana dalam hal ini, jasa merupakan suatu kegiatan yang memiliki beberapa unsur ketidakberwujudan (intangibility) yang berhubungan dengannya, yang melibatkan beberapa interaksi dengan konsumen atau dengan pr…
Musik death metal adalah musik yang sudah lama menjadi bagian dari komunitas metal underground Bandung. Pada awalnya gaung dari jenis musik dan komunitas ini begitu terbatas karena mereka bukan musisi major label yang dibesarkan oleh media. Akan tetapi atas kegigihan dan upaya-upaya yang sistematis eksistensinya mereka mulai diakui beberapa kalangan termasuk para sponsor. Hal yang paling men…
Buku ini mengulas secara rinci tiga elemen krusial yang saling terkait dalam penciptaan keunggulan bersaing berkesinambungan setiap organisasi: Service, Quality dan Satisfaction. Isu-isu yang dikupas meliputi paradigma IHIP (Intangibility, Heterogeneity, Inseparability&Perishability), perspektif jasa (service perspective) sebagai ancangan strategik, orientasi pasar (Market Orientation) dan orie…
Kata kunci penting Patrick Maynard di dalam bukunya yang berjudul The Engine of Visualization adalah: fotografi sebagai bentuk teknologi. Ia menjelaskan lebih lanjut, bahwa fotografi merupakan teknologi untuk mencipta gambar dengan bantuan cahaya. Dalam memahami pemikirannya itu, Maynard meminta kita untuk tidak memulainya dengan berfikir tentang gambar atau foto, namun berfikir tentang fotogra…
Obyek wisata merupakan produk jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan jasa dengan harapan agar pengunjung datang untuk berkunjung dan menikmati obyek wisata yang ditawarkan. Untuk dapat menarik minat pengunjung, pengelola harus dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan terhadap pengunjung. Kualitas pelayanan mempunyai lima dimensi yang meliputi bukti langsu…
Melalui putaran Uruguay, kita telah menjadi bagian dari General Agreement on Trade in Service (GATS). Persetujuan yang melegetimasi liberalisasi jasa tersebut pada tataran implementatif telah menimbulkan beragam dampak dan implikasi dilematis bagi Indonesia. Buku ini akan menguraikan secara kronologis proses terikatnya Indonesia pada GATS, konsekuensi keikutsertaannya dan respon kontradiktif be…