Mengelola sumber daya manusia merupakan tantangan yang selalu ada dalam sebuah organisasi. Untuk menjawab tantangan ini, organisasi merekrut dan memelihara individu dengan wawasan dan pemahaman yan…
Dalam mewujudkan suatu ruang kreatif seni yang bermutu tentunya dibutuhkan suatu manajemen yang baik. Manajemen yang baik itu tentunya mengacu pada fungsi-fungsi manajemen itu sendiri, dimana fungs…
Buku manajemen event merupakan panduan bagi event organizer atau pembaca yang ingin mengetahui mengenai penyelenggaraan event yang efektif. Buku ini dilengkapi dengan studi kasus pada setiap bab, s…
Kebutuhan manusia dalam bersosial mengantarkan individu ke individu yang lain untuk saling berinteraksi dan biasanya dipertemukan atas minat yang sama. Dengan ini individu tersebut membuat kelompok…
Salah satu bentuk kontribusi perusahaan dalam menekan laju kerusakan lingkungan adalah dengan penerapan konsep Green Business dalam manajemen perusahaan. Green Business sebagai aktivitas bisnis den…
Manajemen Pemasaran merupakan alat yang dapat menganalisis sebuah perencanaan, penerapan dan pengendalian sebuah program yang dapat dirancang untuk dapat menciptakan, membangun dan mempertahankan s…
Edisi ketiga buku ini, seperti juga pendahulunya, dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa Manajemen Strategis dan Kebijakan Bisnis. Tambahan dan perubahan berikut ini telah dilakukan pada edis…
Manajemen produksi adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian kegiatan fungsi produksi. Tujuan dari manajemen produksi adalah ‘untuk menghasilkan layanan baran…
Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Buku ini merupakan lanjutan dari buku saya yang pertama yaitu CRM dan MPR Hotel.…
Kondisi pandemi covid-19 memberikan dampak signifikan pada berbagai lapisan masyarakat, seperti yang juga dirasakan pada kalangan komunitas: seni di Art Sosial Space Jamur Sawah di Lampung. Untuk d…
Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/jasa, dengan tujuan untuk mendapatka…
Buku ini ditulis sebagai pelengkap kegiatan belajar mengajar para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Administrasi, Organisasi, dan Manajemen atau lazim dikenal dengan mata kuliah Pengantar Manaje…
Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0 di bi…
Penelitian berjudul Kajian Peran Euforia Music Publisher terhadap Manajemen Hak Cipta Musisi Indie Endank Soekamti ini berlatar belakang beberapa kasus pelanggaran hak cipta di ranah musisi Indones…
Meningkatkan minat dalam sektor jasa telah dibarengi dengan ketidaksepakatan dan berdasarkan tentang apa yang membentuk jasa dan apakah pemaasaran jasa merupakan bidang disiplin khusus ?. Di mana d…
Secara garis besar, manajemen adalah seni menggunakan sumber daya secara efektif untk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dalam perjalanan mencapai sasaran tersebut, seringkali terjadi kemubazi…
Manajemen adalah perpaduan antara ilmu dan seni. Berbagai pihak telah mengakui ilmu manajemen memiliki peran penting dalam mendorong pembentukan organisasi yang kompetitif. Ilmu manajemen dikenal d…
Pemasaran barang ataupun jasa merupakan divisi/bagian yang sangat penting dalam suatu perusahaan. tanpa divisi/bagian ini, keberlangsungan perusahaan tersebut tidak berjalan langgeng. Barang atau j…
Public Relation (PR) merupakan seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi. PR memiliki posisi yang sang…
"Mustahil perusahaan berjalan tanpa adanya sumber daya manusia (SDM) yang mengerakkan di dalamnya. Sumber daya inilah yang akhirnya disebut karyawan dalam suatu perusahaan. Peran karyawan sangat es…
Buku ini dibuat penulis berdasarkan pada pengamatan dan kajian bisnis yang ada di sumber-sumber bisnis. Selainitu, beberapa inspirasi juga dituangkan dalam kaya tulis ini. Penulis mempunyai harapan…
Manajemen merupakan ilmu pengetahuan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dimana dunia saat ini dihadapkan pada keadaan pengelolaan sumber daya yang penuh persaingan, banyaknya peraturan dan…
Buku ini yang menarik adalah arti penting manusia dalam bisnis yang bermanfaat buat orang banyak. Manusia dianggap sumber daya utama dalam memajukan bisnis. Kenyataan ini menggusur dugaan segelitir…
Sejauh ini Indonesia telah melakukan beberpa langkah reformasi pada sektor publik. Langkah tersebut utamanya berkaitan dengan privatisasi BUMN, pemberantasan kurupsi, desentralisasi fiskal, reforma…
Buku ini memberikan acuan secara rinci bahasa yang sederhana, pembahasannya detil dan teliti serta sumber penulisan nya kredibel dilengkapi gambar gambar yang menarik untuk memudahkan pemahaman pe…
Administrasi, organisasi, dan manajemen merupakan istilah -istilah yang melekat pada aktivitas bisnis yang dijalankan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Seluruh aktivitas bisnis yang dijalanka…
Buku ini menjelaskan apa dan bagai mana kampanye serta manajemen, model-model kampanye , desain pesan kampanye, perencanaan kampanye, Strategi pengumpulan dana kampanye, pelaksanaan kampanye dan ev…
Buku ini adalah Panduan langkah-angkah dalam menerapkan pemikiran desain untuk inovasi Pemikiran desain (design thinking) adalah pola pikir dan metode yang bisa diterapkan pada hampir semua tantang…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pameran berdasarkan tipe, karakter, tempo, dan struktur lokasi di Gajah Galeri untuk memajukan karir perupa dan diperolehnya alur manajemen pamer…
Manajemen media identik dengan adanya faktor ketidakpastian. Faktor inidisebabkan beberapa kondisi seperti perubahan regulasi, fluktuasi ekonomi, sistem permodalan, perkembangan teknologi, keterbat…
Marching Band Citra Derap Bahana (MB CDB) adalah sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang berada di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). MB CDB merupakan UKM tertua di UNY yang telah melewa…
Penelitian ilmiah terkait promosi digital dalam bidang pariwisata kota dibutuhkan untuk memberikan edukasi pentingnya perancangan sistem promosi di era digital. Studi kasus pada Batik Solo Tv ini m…
Kebutuhan manajemen seni secara profesional bagi komunitas dilandasi prinsip dan tujuan untuk meningkatkan kinerja mereka agar perkembangan lebih baik di masa depan. Manajemen Kinerja Sumber Daya M…
Pusat Kebudayaan Indonesia–Belanda Karta Pustaka merupakan lembaga kebudayaan yang tertua di Yogyakarta. Sebagai lembaga nonprofit, setiap tahun Karta Pustaka membuat agenda dan menyelenggarakan …
Manajemen keuangan yang efektif sangatlah penting bagi kestabilan ekonomi dan perusahaan, dan secara tiodak langsung bagi ekonmi negara juga dunia. Manajemen keuangan seharusnya dimengerti secara l…
Kegiatan pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan kepariwisataan di sebuah daerah. Tanpa adanya kegiatan pemasaran pada sebuah destinasi maka destinasi tersebut tidak akan di…
Ornamen pada Masjid dan Makam Mantingan adalah salah satu fakta kontekstual, sampai sekarang masih memiliki fungsi dan nilai penting. Masjid dan Makam tersebut merupakan peninggalan Islam awal di J…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan manajemen galeri swasta di Yogyakarta dan peran pemilik galeri yang berprofesi sebagai seniman, masing-masing galeri memiliki ciri khas yang memb…
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang harus makan dan minum yang hampir semuanya dipenuhi dengan cara membeli atau menjual sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Sudah sangat jelas bahwa pada z…
Sebagaimana tujuan dari setiap pemasar, yaitu menciptakan nilai lebih bagi pelanggannya, tujuan pengarang dalam menyusun edisi ke-12 ini pun adalah menciptakan nilai lebih bagi pembacanya. Untuk it…
Buku ini adalah produk dari dua tren yang dirangkul oleh organisasi. Yang pertama adalah organisasi semakin bergantung pada proyek untuk tumbuh, beradaptasi, dan berubah. Yang kedua adalah organisa…
Dalam pekerjaannya sehari-hari, semua orang sebenarnya pasti menjual sesuatu, entah berupa barang, jasa, properti, SDM, tempat, event, informasi, atau pun organisasi. Jadi, apapun pekerjaannya, seb…
Produk adalah elemen pertama dan terpenting dalam bauran pemasaran. Strategi produkmembutuhkan pengambilan keputusan yang terkoordinasi dalam bauran produk, lini produk,merek, serta pengemasan dan …
Edisi terbaru ini ditulis sesuai dgn pernyataan Kotler bahwa “Pemasaran adl seni & ilmu menciptakan nilai bagi pelanggan & menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbal-baliknya”. Sebagaimana tu…
Explores theory and issues pertinent to managers of art institutions - be they theatre, museum, gallery, dance or opera. It offers the reader insight into how these issues and theories actually com…
Inkonsistensi identitas visual PSIM Jogja memberi persepsi yang berbeda di kalangan penggemar dan suporter Brajamusti. Dalam perjalanannya, identitas visual PSIM Jogja sering tampil tidak konsisten…
Penelitian ini menguraikan tentang manajemen stres karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja industri Batik Sembung, Desa Gulurejo, Kec. Lendah, Kab. Kulon Progo. Penanganan stres dapat memba…