Membangun personal branding (merek diri) dalam karier maupun bisnis memang membutuhkan kerja keras dan pengalaman. Personal branding tidak sekadar soal tampil beda dan percaya diri di hadapan umum, tetapi bagaimana Anda mengaktualisasikan potensi diri, sehingga citra positif dapat berkembang dan kepercayaan dengan orang lain dapat Anda bangun. Buku ini menyajikan cara yang efektif dan efisien d…
Mengapa brand lokal sulit berkembang di Indonesia ? Mengapa di negeri subur loh jinawi pertaniannya terbelakang? Mengapa kita kerap gagap menangkap sinyal perubahan ? Bagaimana dunia bisnis sebaiknya menanggapi berbagai persoalan masyarakat ? Seberapa jauh perkembangan teknologi informasi bisa membantu ? Di mana peran utama industri kreatif dan generasi muda? Sederet pertanyaan di atas terus-me…
Salah satu bentuk kontribusi perusahaan dalam menekan laju kerusakan lingkungan adalah dengan penerapan konsep Green Business dalam manajemen perusahaan. Green Business sebagai aktivitas bisnis dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat baik produk maupun jasa namun lebih menjaga kelestarian lingkungan hidup. Perusahaan dapat melakukan penerapan konsep ini dalam setiap fungsi manajemen dan fun…
Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebu…
Manusia punya segudang ide, dan setiap detik kita dihampiri oleh aneka informasi yang bisa menginspirasi kita. Itu merupakan modal utama kita. namun, tidak semuanya tahu langkah - langkah untuk mengubah kreativitas menjadi mesin uang. Padahal, ketika sebuah ide menjadi booming, keuntungan yang kita raih bisa berlipat - lipat. Kini, kita tidak perli repot untuk mencari rahasia booming tersebut, …
Analisis, pedoman, dan studi kasus-studi kasus yang ada di buku ini disediakan sebagai petunjuk dalam membagikan karya sambil mempertahankan aktivitas agar berkelanjutan. Buku ini juga mengenalkan konsep sumber daya bersama (creative commons)
Buku ini dibuat penulis berdasarkan pada pengamatan dan kajian bisnis yang ada di sumber-sumber bisnis. Selainitu, beberapa inspirasi juga dituangkan dalam kaya tulis ini. Penulis mempunyai harapan bahawa ide-ide yang ada dapat menjadi inspirasi bagi para pengusaha untuk ikut bersama mewujudkan dengan mengenal manajemen strategis secara sederhana. Penulis mencoba membangun pola pikir sederhana …
Administrasi, organisasi, dan manajemen merupakan istilah -istilah yang melekat pada aktivitas bisnis yang dijalankan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Seluruh aktivitas bisnis yang dijalankan dalam sustu organisasi harus dikelola dengan baik dan benar melalui penerapan teori - teori ilmu administrasi, organisasi, dan manajemen, baik pada organisasi pemerintah, organisasi bisnis, maupun o…
Tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) pada dasarnya adalah sebuah kebutuhan bagi korporat untuk dapat berinteraksi dengan komunitas lokal sebagai bentuk masyarakat secara keseluruhan. Kebutuhan korporat untuk beradaptasi dan guna mendapatkan keuntungan sosial dari hubungannya dengan komunitas lokal, sebuah keuntungan sosial dari hubungannya dengan komunitas …
Ditengah perkembangan zaman 4.0 yang semakain maju ini teknologi informasi memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis dan usaha. Hal ini membuka peluang lebar bagi para calon pebisnis dan pengusaha muda untuk peryama kalinya mengepakkan sayap mereka didunia bisnis. Mereka harus mampu mengaktualisasikan kreatifitas dan kemampuan belajar agar bisa bersaing dengan para pelaku bisnis lainya…
Berbeda dari buku-buku tentang pariwisata yang beredar di masyarakat yang kebanyakan merupakan pegangan praktis dan sekadar mengedepankan aspek-aspek manajemennya, buku ini menyajikan telaah tentang prospek dan persoalan pariwisata Indonesia dalam dekade awal tahun 2000-an. Sengaja isu-isu mikro dan teknis-operasional entitas bisnis pariwisata dikesampingkan dari buku-buku ini untuk menghindari…
Penelitian ini menganalisis formulasi manajemen SPA tradisi di Nurkadhatyan SPA. SPA merupakan salah satu wisata minat khusus kesehatan dan kebugaran yang sedang berkembang. Namun masyarakat dunia belum minat pada aset tradisi dan spiritual yang menjadi aset pada bidang kesehatan dan kebugaran. Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) merupakan destinasi wisata dengan minat khusus budaya. Maka…
Setiap warna mengirim kesan-kesan tertentu secara sederhana maupun kompleks. Kita akan merespon warna itu secara bervariasi, misalnya kita merasa mendapat situmulasi, kesejukan, daya tarik, ataupun bosan akibat dari suatu warna. Inilah yang disebut pengetahuan warna. Untuk kepentingan bisnis, Anda dapat menggunakan warna untuk menarik minat konsumen. Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahaw…
Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan perencanaan bisnis event organizer seni pertunjukan yang tepat dan lengkap di Chie and Friends di Palangkaraya - Kalimantan Tengah. Model business model canvas pada event organizer seni pertunjukan Chie and Friends yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partners…
Buku ini merupakan sumbangan pikiran hasil kontemplasi (tafakur) seorang pemimpin universitas untuk turut memayu hayuning bawana, sehingga dapat lebih menjelaskan secara luas paradigma kehidupan yang berkaitan dengan pendidikan. Maksud pemaparan pidato tersebut ke dalam bentuk buku bukan semata-mata untuk mendokumentasikan buah pikirannya, lebih dari itu untuk dapat menambah khazanah kepustakaa…
Dalam pekerjaannya sehari-hari, semua orang sebenarnya pasti menjual sesuatu, entah berupa barang, jasa, properti, SDM, tempat, event, informasi, atau pun organisasi. Jadi, apapun pekerjaannya, sebenernya semua orang terkait dengan pemasaran, sehingga berkepentingan dengan pemasaran, dan buku karya Kotler & Keller yang berjudul asli "Marketing Manajement" ini adalah buku yang sejak lama telah d…
Bidang studi Desain Grafis belakangan ini telah berkembang menjadi desain komunikasi visual. Jika desain grafis hanya berorientasi pada grafis dua mantra, maka desain komunikasi visual jangkauannya telah meliputi media-media yang beragam yang populer disebut dengan istilah ‘multimedia’. Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari bidang komunikasi desain visual akan sangat berguna jika memaha…
Banyak orang kurang menyadari bahwa kemampuan kreatif yang dimiliki seorang fotografer sebenarnya merupakan perjalanan pengalaman panjang dan pengamatan untuk menerjemahkan apa yang dilihatnya menjadi sebuah gambar yang menarik. Buku ini ditulis dari berbagai bahan mengajar saya baik kursus maupun seminar fotografi. Tujuan penulisan buku ini adalah sebagai panduan bagaimana belajar dan bekerja …
Pemilihan media promosi uang tepat merupakan kunci sukses pemasaran. Fakta inilah yang menjadikan bisnis luar griya (outdoor advertising) kian menjanjiakan untuk memenuhi kebutuhan berpromosi. Buku ini mengupas serba-serbi media iklan luar griya. Dengan paparan prosedur perizinan usaha, proses produksi berbagai media, pemilihan lokasi, serta RAB (Rencana Anggaran biaya) memungkinkan Anda dan si…
“Pop Art” Desain jenis ini sebenarnya sudah ada sejak lama, dan memiliki banyak cabang seni lain, seperti retro, vector art serta retro futuris. Anda sering melihat desain Pop Art dibanyak tempat, mulai dari poster iklan, wallpaper desktop, desain cover bahkan distro. Dalam buku ini Anda akan mempelajari teknik penggunaan Pen tool untuk membuat objek vector atau shape, mendesain latar bela…
Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip pokok tentang pemahaman diri, masyarakat, dan lingkungan sekitar berikut wawasan komprehensif dan terpadu dalam mencari solusi efektif dan aplikatif terhadap masalah yang timbul dari interaksi di antara ketiganya.
Bisnis fashion sedang bergerak ke arah corporate-based brand sejak Gianni Versace mati dibunuh di depan rumahnya di Miami. Peran desainer utama sebagai sumber citra sebuah brand fashion semakin lama akan semakin dikerdilkan untuk menjamin sustainabilitas perusahaan dalam jangka panjang. Bisnis fashion juga tengah bergerak dari product leadership ke arah brand leadership yang memberikan daya sai…
emberdayaan masyarakat merupakan suatu proses di mana masyarakat, khususnya mereka yang kurang memiliki akses ke sumber daya pembangunan, didorong untuk meningkatkan kemandiriannya di dalam mengembangkan perikehidupan mereka. Pemberdayaan masyarakat juga merupakan proses siklus terus-menerus, proses partisipatif di mana anggota masyarakat bekerja sama dalam kelompok formal maupun informal untuk…
Era globalisasi dan loberalisasi perdagangan membawa dampak besar dalam berbagai aspek, diantaranya pelanggan (customer), persaingan (competition), perubahan (change), dan angkatan kerja (workforce). Sebagai contoh, tuntutan konsumen itu semakin besar. Mereka tidak sekadar menginginkan produk/jasa yang berkualitas dengan harga murah, tetapi juga sangat mengharapkan kecepatan penyampaian,flesksi…
Materi-materi yang disajikan di buku ini tertuang secara ringkas dengan bahasa yang sederhana. Disini, penulis memaparkan karakteristik dari teknik-teknik statistika sehingga pembaca akan dimudahkan dalam memilih teknik analisis data yang tepat. Selanjutnya, langkah-langkah dalam penggunaan tiap teknik analisis dikemukakan secara rinci agar memudahkan pemabca dalam memahami tahapan pengoperasia…
Sebuah karya cemerlang,mendalam,dan membangkitkan semangat. Merupakan tesis Eliade bahwa manusia kuno melihat masa depan bukan sebagai sejarah yang linear dan progresif, tetapi semata-mata sebagai serangkaian perjalanan kreatif dari arketipe primordial. Buku ini dimasudkan untuk mengkaji aspek tertentu atas ontologi kuno.
lmu etika bisnis menjadi sangat menarik ketika dipelajari sebagai bahas referensi bagi mereka yang akan mengelola bisnis atau mempunyai bisnis. Persoalan etika bisnis tidak bisa dilihat secara sederhana, namun harus dipahami dengan berbagai seluk beluknya, serta berbagai sisi yang turut mendukung terbentuknya etika dalam bisnis. Dalam buku ini sengaja penulis menempatkan kasus dan solusi yang d…
Marketing Plan! Dalam Bisnis menyajikan perencanaan pemasaran yang dapat diaplikasikan segera ke dalam suatu bisnis. Lengkap berisi teori penunjang dan contoh-contoh konkret yang pernah dikerjakan dan dilakukan penulis sebagai marketer selama kurang lebih 20 tahun berkecimpungan di dunia kerja dan bisnis. Diharapkan buku ini dapat memberikan pengetahuan praktis tentang pemasaran dan promosi dal…
Tulisan ini membahas berbagai hal yang berkenaan dengan kebijakan luar negeri India ke kawasan ASEAN sejak 1992. Tulisan ini dimulai dari bagaimana ASEAN masuk ke dalam lingkaran kepentingan India. Yang menjadi pertanyaan mendasar pada penulisan ini adalah sejauh mana hubungan India dan ASEAN berjalan? Apakah ASEAN merupakan lingkaran strategis bagi India, dan, apakah India merupakan lingkaran …
Buku ini memaparkan materi mengenai kewirausahaan. Buku karya Dr. Eva Banowati, M.Si. Ini memaparkan materinya dengan menguraikannya menjadi 4 bab. Pada bab 1 penulis membahas mengenai “Konsep Dasar Kewirausahaan”.Ada banyak perbedaan mengenai pengertian kewirausahaan dari berbagai sumber. Ada pendapat yang berbeda-beda ada yang sama ada juga yang berbeda dari yang lainnya beberapa ahli dan…
Manajemen strategis edisi ke 10 merupakan pendekatan praktis yang mengajarkan pembacanya untuk menerapkan konsep yang telah mereka pelajari. Perubahan besar-besaran dalam edisi ke-10 ini dimasudkan untuk mengilustrasikan pengaruh tatanan dunia baru terhadap manajemen strategis dalam hal teori,riset, dan prkatik,disertai dengan pelbagai perubahan yang terjadi sedmikian cepatnya belakangan ini da…
Dalam buku ini, kita dapat menyaksikan bagaimana Ronggowarsito dengan jernih “meramalkan” datangnya kutukan zaman, yang ia namakan jaman edan, atau jaman kena pakewuh. Ia memiliki kemampuan visi melihat isyarat tentang apa yang akan terjadi. Kedua, ia sebenarnya sedang menceritakan keadaan masyarakatnya sendiri yang korup dan bobrok namun dengan bahasa yang halus sebagai ramalan.
Ilmu manajemen merupakan ilmu yang sangat mendasar untuk semua kalangan. Setiap organisasi membutuhkan ilmu ini untuk mengelola organisasinya sesua tujuan yang hendak dicapai. Untuk itu, penulis menulis buku ini untuk membantu pembaca mengenal serta memahami lebih mudah mengenai konsep dasar ilmu manajemen. Dalam buku ini dibahas mulai dari definisi ilmu manajemen, sejarah dan tokoh ilmu manaje…
Analisis perencanaan strategis merupakan salah satu bidang studi yang banyak dipelajari secara serius di bidang akademis. Hal ini adalah karena setiap saat terjadi perubahan. Untuk memenuhi semua tantangan di dalam perubahan tersebut, perusahaan membutuhkan analisis perencanaan strategis. Tujuannya adalah untuk memperoleh keunggulan bersaing di dalam bisnis dan industri yang dimasuki. Pimpinan …
Lewat buku ini kita diajak bertamsya memasuki dunia Yunani kuno dan bagaimana bangsa Yunani kuno memikirkan alam semesta dan misteri kehidupan di sekitar mereka. Pemikiran-pemikiran itu mencair ke dalam bentuk kisah-kisah luar biasa yang mengandung nilai-nilai universal. Edith Hamilton, penulis buku ini, berhasil mengisahkan kembali kisah-kisah peradaban kuno.
Dalam buku ini membahas semua materi komuniksi bisnis secara detail (rinci). Hampir semua materi komunikasi bisnis yang populer sering digunakan telah dicoba untuk dibahas. Menurut penulis hanya materi public relation saja yang tidak dibahas. Tujuan pembuatan buku ini adalah agar pembaca melakukan komunikasi bisnis dengan baik, selain digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar meng…
Peluang bisnis batik masih terbuka lebar. Pasarnya yang besar dan beragam jenis konsumen di bisnis ini masih menjanjikan keuntungan menggiurkan. Apalagi sekarang batik sudah bukan konsumsi orang-orang tua saja, tetapi orang muda pun sudah tidak asing lagi dengan batik dengan model dan jenis kain batik bagus.
Metode riset amat dibutuhkan dalam melakukan penelitian maupun menulis karya ilmiah. Hasil penelitian sering kontroversial karena kurang dikuasainya metode riset. Mahasiswa S1,S2, dan S3 sering kebingungan ketika harus menulis skripsi, tesis, dan disertasi. Buku ini menyajikan berbagai metode riset yang populer digunakan dalam bisnis dan ekonomi. Materi ysng dibahas meliputi proses penelitian, …