Penelitian ini mengeksplorasi peran dan potensi teknologi digital dalam pemasaran jasa komposer Karawitan Bali. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana teknologi digital, khususnya melalui platform media sosial dan perangkat lunak musik seperti FL Studio, dapat membantu komposer dalam mempromosikan dan mendistribusikan karya mereka secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan…
Pemasaran adalah satu proses sosial dengan mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. Pemasaran merupakan ujung tombak dari kegiatan bisnis dalam rangka menjual produk kepada konsumen industri maupun konsumen akhir. Pemasaran yang baik dan berhasil harus dilakukan tahap…
Pemasaran barang ataupun jasa merupakan divisi/bagian yang sangat penting dalam suatu perusahaan. tanpa divisi/bagian ini, keberlangsungan perusahaan tersebut tidak berjalan langgeng. Barang atau jasa yang berkualitas tidak akan berarti apa - apa bagi perusahaan jika tidak ada bagian pemasaran. Namun demikian, pemasaran tidak hanya berhubungan dengan penjualan. Penjualan hanya merupakan bagian …
Loyalitas pelanggan dalam pembelian ulang maupun proses rekomendasi kepada pelanggan lain menjadi poin penting bagi perusahaan untuk mendapatkan penjualan terbaiknya. Batik tulis custom soedjono sebagai satu perusahaan yang bergerak dalam di bidang pembuatan batik tulis custom mengalami permasalahan dalam menghadapi pelanggan yang mengalami peningkatan keinginan dalam pembuatan motif menjadi fo…
Pemasaran pada dasarnya adalah tentang komunikasi. Sejak produk dirancang dan dikemas, hingga penyebaran inormasi produk kepada masyarakat luas, tidak terlepas dari komunikasi. Dari sekian banyak peranan komunikasi, menggeser "kebutuhan" menjadi "keinginan" adalah peran krusial komunikasi dalam pemasaran. Ketika muncul ide bisnis baru, timbul pertanyaan apakah produk yang hendak dipasarkan ma…
Manajemen Pemasaran merupakan alat yang dapat menganalisis sebuah perencanaan, penerapan dan pengendalian sebuah program yang dapat dirancang untuk dapat menciptakan, membangun dan mempertahankan sebuah pertukaran yang dapat menguntungkan dengan target pasar sehingga sasaran yang dimaksud dapat mencapai tujuan. Manajemen Pemasaran ini merupakan sebuah ilmu seni yang memiliki komunikasi dan kete…
Penelitian ini bertujuan menganilisis kondisi pengelolaan kerajinan gerabah tradisional, faktor pendukung dan penghambat dalam keberlangsungannya serta merumuskan strategi pengembangan untuk menjaga keberlangsungan dan kelestariannya. Lokasi penelitian ini berada di Dusun Semampir, Desa Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggun…
Meningkatkan minat dalam sektor jasa telah dibarengi dengan ketidaksepakatan dan berdasarkan tentang apa yang membentuk jasa dan apakah pemaasaran jasa merupakan bidang disiplin khusus ?. Di mana dalam hal ini, jasa merupakan suatu kegiatan yang memiliki beberapa unsur ketidakberwujudan (intangibility) yang berhubungan dengannya, yang melibatkan beberapa interaksi dengan konsumen atau dengan pr…
Komunikasi dan pemasaran merupakan dua konsep penting yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Dua konsep tersebut akan efektif untuk dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan penetrasi pasar, terutama untuk memperkenalkan berbagai produk baru perusahaan atau target konsumen baru perusahaan. Komunikasi dan pemasaran perlu diintegrasikan dan dipadukan secara proporsional karena perpad…
Secara garis besar, manajemen adalah seni menggunakan sumber daya secara efektif untk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dalam perjalanan mencapai sasaran tersebut, seringkali terjadi kemubaziran dan bahkan timbul gejala dehumanisasi. Belum lagi kemampuan manajemen yang buruk mengakibatkan kerugian bagi organisasi ataupun perusahaan. Berangkat dari adanya problem - problem tersebut, dalam …
Buku ini dibuat penulis berdasarkan pada pengamatan dan kajian bisnis yang ada di sumber-sumber bisnis. Selainitu, beberapa inspirasi juga dituangkan dalam kaya tulis ini. Penulis mempunyai harapan bahawa ide-ide yang ada dapat menjadi inspirasi bagi para pengusaha untuk ikut bersama mewujudkan dengan mengenal manajemen strategis secara sederhana. Penulis mencoba membangun pola pikir sederhana …
Buku ini akan mengungkapkan tiga elemen penting dalam konsep digital marketing, Semua aktivitas digital marketing yang anda lakukan hanya akan memperbesar atau meningkatkan ketiga hal ini : Traffi, Conversion dan engagement. Konsep digital marketing yang dipaparkan disertai dengan tips dan trik untuk meraih pasar di dunia olline.
Pemasaran jaringan adalah salah satu bisnis paling terjangkau, baik dari segi akses maupun biaya, yang menawarkan peluang untuk menggapai kesuksesan yang mencengangkan dengan investasi serta risiko yang kecil. Siapa pun bisa menjalankannya dari rumah dengan modal sedikit serta tanpa pegawai. Kunci suksesnya hanyalah perencanaan yang bijak dan saran yang baik - dua hal yang di kupas tuntas di bu…
Buku ini memandu pembaca dalam membangun sebuah merek yang kuat dan tertanam di benak konsumen, mulai dari pemahaman akan perbedaan merek dan produk, apa saja yang di-branding, unsur-unsur pembentuk merek, strategi branding hingga bagaimana mengukur ekuitas merek. Merek yang diangkat sebagai studi kasus dalam buku ini didominasi oleh merek-merek lokal maupun merek global yang akrab di masyaraka…
Penelitian ilmiah terkait promosi digital dalam bidang pariwisata kota dibutuhkan untuk memberikan edukasi pentingnya perancangan sistem promosi di era digital. Studi kasus pada Batik Solo Tv ini membahas dan menganalisa berbagai faktor yang mempengaruhi capaian konten promosi digital yang diunggah akun resmi pemerintah kota Surakarta dalam platform media sosial . Rumusan penelitian ini mengula…
Strategi samudera biru, atau lebih populer dengan istilahnya dalam Bahasa Inggris, Blue Ocean Strategy, adalah strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari samudra merah persaingan berdarah dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tidak relevan. Strategi samudra biru berfokus pada menumbuhkan permintaan dan menjauh dari kompetisi…
Kegiatan pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan kepariwisataan di sebuah daerah. Tanpa adanya kegiatan pemasaran pada sebuah destinasi maka destinasi tersebut tidak akan dikenal. Pola pendekatan pemasaran jasa berbeda dengan pemasaran barang. Kegiatan pemasaran pada sebuah destinasi pariwisata tidak hanya sebatas pada melakukan kegiatan promosi semata, namun kegiatannya…
Penelitian ini membahas mengenai pengembangan pemasaran pariwisata Towilfiets dalam melestarikan kearifan lokal yang terletak di Dusun Bantar, Desa Banguncipto, Kulon Progo. Towilfiets merupakan tempat wisata minat khusus yang menawarkan paket wisata bersepeda onthel. Keramah tamahan dengan kearifan lokal warga desa disekitar Towilfiets menjadi kelebihan dalam paket wisata yang ditawarkan. Kura…
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai proses pengambilan data. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 8 narasumber diantaranya 4 orang dari pihak pengelola termasuk pemilik dan 4 lainnya merupakan pengunjung loyal. Hasil wawancara kemudian diidentifikasi, diklasifikasi dan direduksi untuk dianalisa serta divalidasi dengan metode triangulasi sehingga …
Feminist Thought merupakan sebuah pengantar paling komprehensif tentang peta feminisme, Tong menuliskannya dengan sangat detail disertai referensi yang sangat kaya. Seperti yang ditulis Tong sendiri bahwa karena pemikiran feminis bersifat kaleidoskopik, maka tanpa panduan yang komprehensif siapa pun akan rentan untuk terbingungkan dalam carut-marut pemikirannya. Pengamatan yang lebih dekat, aka…
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang harus makan dan minum yang hampir semuanya dipenuhi dengan cara membeli atau menjual sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Sudah sangat jelas bahwa pada zaman sekarang ini sangat tidak mungkin bagi seseorang memenuhi kebutuhannya oleh dirinya saja. Manusia tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhannya oleh dirinya sendiri, itulah sebabnya manusia harus t…
Sebagaimana tujuan dari setiap pemasar, yaitu menciptakan nilai lebih bagi pelanggannya, tujuan pengarang dalam menyusun edisi ke-12 ini pun adalah menciptakan nilai lebih bagi pembacanya. Untuk itu, Pengarang telah merancang setiap halaman buku ini terisi dengan tabel, angka, fakta, dan berbagai contoh yang berguna untuk membuat buku ini menjadi buku teks terbaik bagi mahasiswa yang mempelajar…
Produk adalah elemen pertama dan terpenting dalam bauran pemasaran. Strategi produkmembutuhkan pengambilan keputusan yang terkoordinasi dalam bauran produk, lini produk,merek, serta pengemasan dan pelabelan. Dalam merencanakan penawaran pasarnya, pemasar harus berpikir melalui lima tingkat produk:manfaat inti, produk dasar, produk yang diharapkan, produk tambahan, dan produk potensial, yangmenc…
Edisi terbaru ini ditulis sesuai dgn pernyataan Kotler bahwa “Pemasaran adl seni & ilmu menciptakan nilai bagi pelanggan & menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbal-baliknya”. Sebagaimana tujuan dari tiap pemasar yaitu menciptakan nilai lbh bagi pelanggan tujuan pengarang dalam menyusun edisi ke-12 ini pun adl menciptakan nilai lbh bagi pembacanya. Untuk itu Pengarang telah merancang tia…
Kesenian musik Krumpyung ini lahir pada masa penjajahan Belanda tahun 1919 di desa Mengasari, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Di Tahun 1973 atas prakarsa seorang warga Desa Tegiri bernama Sumitro, kesenian musik ini muncul kembali. Musik “Krumpyung” sebenarnya menyimpan daya tarik yang sangat bagus. Akan tetapi, sayangnya saat ini penggemarnya hanya kalangan tertentu saj…
Era globalisasi dan loberalisasi perdagangan membawa dampak besar dalam berbagai aspek, diantaranya pelanggan (customer), persaingan (competition), perubahan (change), dan angkatan kerja (workforce). Sebagai contoh, tuntutan konsumen itu semakin besar. Mereka tidak sekadar menginginkan produk/jasa yang berkualitas dengan harga murah, tetapi juga sangat mengharapkan kecepatan penyampaian,flesksi…
Kegiatan pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan kepariwisataan di sebuah daerah. Tanpa adanya kegiatan pemasaran pada sebuah destinasi maka destinasi tersebut tidak akan dikenal. Pola pendekatan pemasaran jasa berbeda dengan pemasaran barang. Kegiatan pemasaran pada sebuah destinasi pariwisata tidak hanya sebatas pada melakukan kegiatan promosi semata, namun kegiatannya…
Karya ini telah dipilih oleh ulama sebagai budaya penting, dan merupakan bagian dari basis pengetahuan peradaban seperti yang kita kenal. pekerjaan ini direproduksi dari artefak asli, dan tetap sebagai benar karya asli mungkin. Oleh karena itu, Anda akan melihat referensi asli cipta, perangko perpustakaan (karena kebanyakan dari karya-karya ini telah ditempatkan di perpustakaan kami yang paling…
Aplikasi Praktis Riset Pemasaran: Cara Praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing menekankan sisi praktik riset pemasaran di dunia nyata. Topik-topik yang populer dan sangat berguna, seperti pengukuran loyalitas pelanggan, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, ekuitas merek, motivasi pembelian, dan preferensi terhadap merek dibahas tuntas dalam buku ini. Buku ini menggunakan kerangka 10 tahap riset …
Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan untuk kemajuan daerah, yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat dari segi pendapatan ekonomi, serta sumber daya manusia yang berkualitas. namun pada kenyataannya Kabupaten Kepulauan Sangihe masih belum mengalami kemajuan dari sektor pariwisata. Adapun h…
Keberadaan sebuah kelompok orkestra simfoni membutuhkan beberapa faktor, selain sumber daya manusia yang bagus juga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Posisi pemasaran dalam hal ini bisa disebut sebagai perantara antara kelompok orkestra simfoni dengan penonton dalam melakukan transaksi untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan penonton. Karena itu, setiap manajemen orkestra dituntut untuk…
Wayang Kampung Sebelah (WKS) merupakan salah satu kelompok pertunjukan seni wayang kulit genre baru yang fenomenal di masyarakat sekarang ini serta digemari oleh banyak kalangan. Sepak terjangnya dalam pertunjukan seni wayang yang inovatif dan kreatif berimplikasi pada metode pemasaran yang dikembangkannya sehingga mampu menarik perhatian masyarakat terhadap karyanya. Penelitian ini bertujuan u…
Ngayogjazz adalah salah satu festival musik jazz yang diselenggarakan rutin setiap satu tahun sekali di Yogyakarta. Festival ini mengalami peningkatan jumlah penonton yang signifikan setiap tahun dalam tiap penyelenggaraannya. Keberhasilan Ngayogjazz meraih penonton yang banyak ini adalah salah satu hasil dari strategi pemasaran yang dijalankan. Strategi pemasaran yang baik akan menjadi penentu…
Universal Metode Desain adalah metode buku penting bagi bidang desain. Teks rapi ini mengkompilasi dan merangkum 100 metode yang paling banyak diterapkan dan efektif desain, penelitian, analisis, dan bunuh-metode yang setiap lulusan dari program desain harus tahu, dan setiap desainer profesional harus mempekerjakan. Metode yang ringkas disajikan, disertai dengan informasi tentang asal-usul tekn…
Pertama kali diterbitkan pada tahun 1950 sebagai edisi kedua dari 1927 asli, buku ini menguraikan perkembangan psikopatologi dan tempatnya dalam pengobatan. Bernard Hart mengumpulkan teks dari berbagai ceramah dan artikel tentang berbagai aspek psikopatologi dan metode psikoterapi, serta psikologi rumor dan konsep disosiasi. Bukunya akan menjadi nilai untuk siapa pun dengan minat dalam sejarah …
Buku ini bermaksud untuk menyajikan suatu perencanaan pemasaran yang dapat diaplikasikan segera ke dalam suatu bisnis, berisi tentang teori penunjang dan contoh-contoh konkret yang pernah dikerjakan dan dilakukan penulis sebagai marketer selama kurang lebih 20 tahun berkecimpung di dunia kerja dan bisnis. Diharapkan buku ini akan memberikan pengetahuan praktis tentang pemasaran dan promosi dal…
Batik sebagai kekayaan tradisi Indonesia sebaiknya mampu bersaing di pasar regional dan nasional. Untuk itu, dibutuhkan berbagai inovasi pengembangan. Inovasi itu tidak hanya sebatas pemasaran, tetapi juga peningkatan pasar IKM (Industri Kecil dan Menengah) batik itu sendiri. Perkembangan persaingan pasar yang ketat sudah mempengaruhi kehidupan perekonomian regional maupun nasional. Di Pam…
Dokumentasi sebuah kota tak lepas dari peran fotografi. Fotografi merupakan salah satu medium perekaman sejarah peradaban sebuah kota dan dinamika aktivitas masyarakat di dalamnya. Umumnya dokumentasi sebuah kota dipresentasikan dalam citra-citra ikonik sebagai upaya konstruksi citra-citra pendukung kebutuhan pariwisata belaka. Namun diluar citra-citra ikonik tersebut, ternyata ada sebuah upaya…
Komik, saat ini bukan lagi menjadi barang langka lagi bagi masyarakat dunia. Kehadirannya sering dinantikan, bahkan transformasi kemunculannya didukung oleh media -media baru yang sarat dengan muatan teknologi. Inilah yang membuat komik semakin menarik, semakin membuka ruang berkesnian yang baru. Buku ini penulis hadirkan dengan harapan menjembatani para penikmat komik untuk lebih mengerti,menc…
Bagaimana cara menjelaskan kesuksesan pemasaran Nike, starbuks, Ben & Jerry's dan Jack Daniels? Model strategi dan inovasi konvensional tidaklah berguna. Ide inovasi yang paling berpengaruh dibentuk berdasarkan pandangan insinyur dan pakar ekonomi. Kedua penulis ini menyusun teori inovasi kultural yang baru dan jitu. Produk yang dipasarkan di bidang yang telah matang atau jenuh dapat terjebak p…
Perlindungan Anak (Komnas PA) menyatakan tahun 2013 sebagai tahun siaga kejahatan seksual. Kasus demi kasus telah membuka mata terhadap pentingnya membekali anak-anak pendidikan seks semenjak dini sebagai perlindungan diri dari ancaman bahaya kekerasan seksual yang sewaktu-waktu mengancam keselamatan mereka. Pembekalan informasi tentang pendidikan seks tak luput dari usaha lembaga pendidikan da…
Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosiberisi sebuah pandangan kontemporer mengenai peran penting komunikasi pemasaran. Buku ini menekankan pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication—Komunikasi Pemasaran Terpadu) dalam meningkatkan ekuitas merek, serta menyediakan penjelasan mengenai sebuah program IMC dari berbagai aspek, di antaranya: periklanan, promosi penjualan,…